Desember nanti saya pulang Mak..!!! (Puisi buat Emak)

30 September 2009
Akhhh..... Membaca postingan libur lebaran Kawan-kawan membuat saya jadi teringat akan kampung saya (lagi).

Desember tahun kemarin saya membuat ibu saya bersedih (maapkanlah anakmu ini Mak ya...!). Dikarenakan saya gak jadi pulang kampung yang (dikarenakan) awal Desember tahun lalu saya pindah tugas dari Sumbawa Besar ke Maumere ini.

Emak: Kemaren kamu bilang bakal pulang...!! cry
Saya: Iya Mak,... lha ini baru dipindah ke Maumere, tugas negara Mak, tugas negara..! (setengah bercanda)

Emak: Hiksss hikss....
Saya: (bingung), Udah gimana rasanya Mie gomak sekarang Mak? Berapa harganya?
Emak: Hikss hiksss.....
Saya: Aduh Mak....
Emak: Udah gimana rupamu sekarang? Udah berapa lama gak ketemu?
Saya: Udah makin putih Mak, tai lalat yang di kepalaku itu masih ada, lapangan bola yang di kepala saya itu masih ada....!!!
Emak: Lapangan bola?
Saya: Kan dulu pernah di tabrak si Adek kepalaku, dengan gigi taringnya mendarat di kepala saya...
Emak: Hahahahah... (berhasil membuatnya tertawa) Iya.. iya... Masih ingat kau itu?
Saya: Heheheh, ingatlah Mak, sama yang dulu waktu di "adili" emak waktu mencuri telor ayam....
Emak: Haaa? Itu juga...? Jangan-jangan dendam kau? Trus gak mau pulang kampung...?
Saya: Ya enggaklah Emak.... Mungkin karena itu saya jadi tampan Mak.. (Hahahahah)
Emak: Hahahaha.... gak usah pulang kau, narsis kau...!
Saya: Hahahahah

Dan....
Sekarang rencana untuk pulang kampung itu direncanakan lagi....

Emak: Beneran ya pulang? Jangan mangkir lagi...!!?
Saya: Lha kalo Tuhan kehendaki ya pulanglah Mak...
Emak: Pasti Tuhan kehendaki Amang....
Saya: Lha kalo dompet juga menghendaki Mak....
Emak: Huuuugggghhhh.....
Saya: Hehehe....


Dan,
Kakak saya yang di Banjarmasin itu...
Kakak: Kirimlah, biar kubeli oleh-oleh...
Saya: Ehhhhh, masih lama juga...
Kak : Biarr... hehehe..
Saya: Kek mana kuliahmu? Kapan wisuda..?
Kakak: Lancar saja... wisuda tahun depan...
Saya: Lha tahun lalu bilangnya tahun depan, kok sekarang tahun depan lagi..?!
Kakak: .....
Saya: Klo gak jadi wisuda tahun ini gak ikut pulang kampung lho...
Kakak: Ihhhh..... ikut pokoknya....


Dan...
I'll go back home Mak....
Melihat Pulogodang, kampung kelahiran saya itu....
Melihat Matiti, tempat saya kanak-kanak itu...
Matiti yang dulu masih Desa, sekarang sudah kecamatan itu....

Hmm... tak terasa selama itu saya merantau....
Dari jaman kampung saya masih Desa sampai Kecamatan.
Kecamatan Matiti. Keren kali ya... :D

Dari sejak Indonesia masih 27 propinsi
Sekarang udah 33... (bener tak iya?)


Iya Mak,
Sabarlah Mak...
Akan kupeluk Emak nanti...
Papa gak usah, nanti digigitnya hidungku seperti dulu....

Akan kubawa Mak,
Kain Maumere...
Dijahitkan nanti buat Emak sama Bapak...
Biar kompak Emak sama Bapak...
Biar kufoto nanti Mak waktu pake baju itu....
Terus nyanyi bareng Mak di Gereja...
Mama suara tiga..
Papa suara satu..
Si kakak suara dua..
Suara empatnya si Adeklah...
Aku?
Tak bersuaralah... heheheh


Oh iya Mak...
Jangan potong dulu ayam yang itu ya...
Nanti pahanya buatku... dua-duanya, seperti dulu...
Aku akan pulang Mak...

Nanti rambutku akan memanjang Mak...
Aku kangen Mak,
Sama potongan rambutku hasil kreasi Emak...
Tebal tipisnya dimana-mana..
Mirip tangga...

Tunggu Mak ya...
Sabar Mak...
Sebentar lagi itu.....



*Gak sabar nunggu Desember...!!



31 comments:

Riki Pribadi said...

Asal jangan mother complex aja bro...ahahaha

ichaelmago said...

hahahaa. lapangan bola :P

emang udah berapa lama ga pulang kampung?

ranggi said...

betul itu.. harus pulang... kita merantau, pasti nanti juga pulang. itu baru namanya anak bae.. salam buat emak ya!!

waroengdollar said...

kasian tuh orang tua, kudu benar2 pulang, sudah pada nunggu

multyone said...

waduh yang jauh dari orang tua nih

Lee Choo said...

Hehe.. pulang laa.. jadila ank yg berbakti hehehe... =)

Salam dan doa buat keluarga mu yaa... ^^

Itik Bali said...

Senengnya bisa pulang kampung
aku juga ikut dong
he..he

Quinie said...

jadi maksudnya balik ke jakarta ya? tapi kok ada matiti... di sebelah mana tu ya?

Arman said...

sedih emang kalo harus tinggal jauh dari orang tua ya....
gua juga akan mudik bulan desember ntar... can't wait! :)

salam kenal ya...

Bandit Pangaratto said...

Riki Pribadi: Hahahahaha... Emoh lha ya... hehehehhe

ichaelmago: mpe skrg, 9thn 3bulan, 5hari... hehehhe


ranggi: yop... heheh

waroengdollar: ho'oh...

multyone: Iya Kawan... jauh bener...

Lee Choo: Ya ya ya... :D

Itik Bali: Ayoo...

Quinie: Hahaha... ini pasti ke selip antara PULOGODANG dengan PULOGADUNG.... PULOGODANg itu bukan jakarta Bu.. tapi salah satu kampung pedalaman di Sumatera Utara sana... :D

Arman: Gak sedih juga sih, yg bikin sedih itu ya kalo selama setahun gak bsia ketemu itu... heheheh Yo salam kenal juga....

Gogo Caroselle said...

ya ampun lucunyaaaa
jadi gemes sndr,
liat dong foto si mamak hihi!

seneng yah kalo ingat kampung halaman :)

lilliperry said...

pulang kau lae... hahaha

matiti dimana itu..? siantar?

Bandit Pangaratto said...

Gogo: Foto Emak? Akh.. gak mau... heheheh

lilliperry: bukaaannn... di doloksanggul... ya dari doloksanggul kpedalaman lagi... hehehhe

morishige said...

semoga bisa pulang, kawan.
btw, emak saya juga suka motongin rambut saya dulu.. sampai SMA.. :D

Bandit Batak said...

aduh lae..jadi ikut rindu awak sama mamak awak..
jadi pengen pulang juga..dimananya kampung lae?

abeng beng /arjopedal said...

he pepatah bilang surga ada di telapak kaki ibu , semoga kawan bisa lekas pulang .

elia bintang. said...

lagi homesick ya bro.. haha. pulang lah sblm 2012 (terus knp) hehe :D

Puput said...

puisinya di print.. trus dikirim pak

Lisha Boneth said...

hahahaha.. :)) :))

bangggg.... klo mau nyanyiii bersuara dooomss..

masaq diem ajehh???
wakakakaka

aduh saya jg pengen doms dibawain kain.. :D :D saya tunggu di danau toba yeah? *loh?? ngarep

genial said...

home sweet home... jangan lupa oleh-olehnya loh :p

Bandit Pangaratto said...

morishige: Thnx ya... heheh... potongannya macam mana Kawan? :D

bandit batak: di matiti, doloksanggul... :D

arjopedal: Sip...

elia bintang: :D. ntar lagi, ntar lagi... :D (ada apa dgn 2012?) Kiamat?

puput: Bah, ngakak-ngakak nanti bapak sama si emak trus bilang gini? "kek mana sih dulu kita bikin si anak kita ini? kok jadiya begini...?!" hehehhe

Lisha bonet: See you there... (ngarep juga), saya kan nyanyinya suara hai... hati yg bersuara... :D

genial: HEheheh...

Berry Devanda said...

sekali2 jenguk juga lah orang tua mu dikampung...
karena bukan foto dan hal2 yang berhubungan dengan mu yang melepas kerinduannya melainkan kehadiranmu didekatnya...
salam bro...

Bandit Pangaratto said...

Bery: Iya bro... ntar desember mau pulag... hehehe

dhodie said...

Hahaha Ibumu pasti sangat merindukanmu, Kawan.
Semoga Desember lekas datang ya :-D

Bandit Pangaratto said...

dhodie: thnkyuu... :D

Quinie said...

waduuh salah baca ya gua? xixixi maab ya..
btw, akhir2 ini gua susah banget ke mari... lama loadingnya.
koneksi gua kah?

gua suka poto profile lu.. :) kereeenn

Bandit Pangaratto said...

Quinie: heheheh.. masa loadingnya lama mbak? Iyakah? aduh.. cem mana lah ya... heheeh.... Iya pantai di poto profile saya emang keren kok... salah satu pantai di maumere.. itu darat pantai... :D

aeng: said...

klo aq malah ayahku yg potong rambutku dulu..

hebat kan??
poni selamat datang..
hihihi

jgn lupa ole2 bwtku juga..
hehehe

Bandit Pangaratto said...

aeng: hahaha... poni selamat datang ma ho.... oleh'?.. tabo nai ho? hehehehhehe ^^

Aeng: said...

holitt............
hehhehe

Bandit Pangaratto said...

heheheh...
holit pangkal kaya... hawhahwhahwa