Bandit dan Bahasa Jawa: Sekawan doso gangsal ewu

06 October 2009
Iyaphh....
Bertemu lagi dengan saya, si komo... (halah)

NB: Bahasa Jawa yang saya maksud di postingan ini adalah bahasa jawa suroboyoan...

Saya ingin bisa berkomunikasi dengan bahasa daerah dimana saya merantau, setidaknya tahulah....

Jadi Kawan, 6 tahun di merantau Surabaya dan 1 tahun 8 bulanan di Malang sudah cukup memberi saya "kemahiran" untuk berbahasa Jawa, walaupun yang Suroboyoan. Lha ancen nang Suroboyo iku bosone akeh-akehane yo nganggo boso jowo suroboyoan iku.

(Mau posting dalam bahasa jawa begitu gak berhasil)
Dulu, waktu kelas 1 SMP, memang saya cukup cepat menguasai sedikit bahasa Jawa. Dan karena yang saya tahu yang kasarnya saja (jangan salahkan saya) maka Ibu Guru BK memanggil saya. BK itu salah satu makanan yang ada di sekolah, Bimbingan dan Konseling. Iyah. Saya dipanggil guru BK yang cantiknya bukan main itu. Temen-temen saya pada senang bikin onar demi agar supaya dipanggil oleh guru Bk itu. Dan kadang teman saya apes, yang manggil malah guru BK yang lain yang notabene memiliki jakun.


Dan ketika saya dipanggil Ibu Guru cantik itu (Akhh gak tega gak menyertakan predikat cantik itu, lebay). ok.
Saya masuk keruangan beliau (yang cantik itu, gurunya, bukan ruangannya), bersalaman. Akhh (ini cerita gurunya apa bahasa jawanya Ndittt?).
"Kamu sekarang dah pintar bahasa jawa ya? Tapi kok laporan yang saya terima yang kasarnya saja?"
"Hihihihihi...!" Siyi tirsinyim sajah...
"Kok malah merongos?"
"Heheheheheh...!" Kemedeen seye tersenyem...
"Kamu itu pintar, juara sekolah, tapi kenapa gak belajar yang bahasa jawa yang baiknya...!" Ini karena saya pernah bahasa jawa suroboyoan sama guru. Gak sengaja sih, dan emang baru belakangan saya tahu itu bahasanya kasar. Jadi dalam bahasa jawa itu ada 3 tingkatan. Kromo-kromo gtu, ora pathek mudheng jeh.. "Apa perlu kamu saya suruh datang kerumah saya untuk belajar...?"
Besar juga kepedulian ibu ini pikir saya...
"Huhuhuhuhu..." suyu hunyu tursunyum mununggupunyu.
"Gak usah Bu, nanti kan bisa belajar sendiri...!"
"Baiklah, besok harus tau sedikit bahasa jawa halus, kromo alus ya...!"
"Iya bu...!"

Dan sayapun bertanya sana sini,
Besoknya saya diuji tentang kromo alus itu.
"Ayo, sekarang bikin kalimat dengan menggunakan kromo alus...!"
"Ibu tumbas gendhis stunggal kilo...!" (Ibi beli gula sekilo...!"
Spontan saya jadi bahan tertawaaan. Entah apa yang salah.

Hoalah...
Dan di Maumere. Saya menjadi trendsetter(???) bahasa jawa dengan logat batak. Lha gimana mau bahasa Indonesiaan sama kawan-kawan rasanya janggal, yo wes nggo boso jowo sing sak ngertiku wae. Kalo pake bahasa batak? Lha nanti aku malah ngomong sendiri lah yaw... Bahasa Maumere? sama-sama gak mudheng jeh...

Trendsetternya? Kawan-kawan saya banyak yang tertawa dengan logat saya, sampai-sampai mereka menirukannya. Nih sangat terkenal d kalangan kami, bahkan disebarkan samapi ke temen-teman di Ende, FLores.

Modhar. Ini yang saya ucapkan (dengan logat batak) ketika berhasil membobol gawang lawan dalam permainan Pro Evolution Soccer. PES di PS 2...

Monggo Sedhoyo. Nah yang ini saya pas waktu makan, maksud hati mau bilang "Mari semua..!" dalam bahasa jawa. Dibenarkan kawanku, "Monggo nedho..!" Dan berkembang menjadi "Monggo nedhoyo..!" Halah...

Dan pernah suatu ketika ketika lembur dikantor, saya dan kawan saya si Nadzir itu disuruh beli nasi goreng buat kami berlima yang lembur.

Selesai, pas waktu saya mau bayar (saya yang dititipi uangnya soalnya)....
"Pinten Bu..?!" (Berapa Bu?)
"Sekawan doso gangsal ewu...!" (45ribu..!), karena pake bahasa halusnya saya jadi bingung...
"Saya nggak bisa bahasa jawa Bu...!" sambil tersinyimsinyim disertai melongonya kawan saya, s Nadzir... "lha tadi -Pinten Bu- itu bukan boso jowo?" lol

Spontan cerita ini menyebar ke kantor. Yang lembur-lembur. Kemudian ke mess... dan ke mess lain. Jadilah saya bahan tertawaan...


Yo wes lah, monggo sedhoyo diwoco dhisik tulisane, maringono dikomentari yo...!

SAlam Perantau™


40 comments:

namaku wendy said...

mencoba utk membayang seperti apa bahasa jawa yg dilafalkan dgn logat bata, wis ono-ono wae sampeyan iki mas

mr.snugglemars said...

hahahhaha

macam macam aja..

i cant speak english laaa... :P

Gogo Caroselle said...

hahahaha
bawa
batak jawa!

dede said...

durung iso boso Jowo mblitar-an to?

kene, ta'ajari..

Salam kenal Nong (terjemahan bahasa Maumere-ku bener to?)

Violet said...

ahahahaha.... ada masalah di e lemah dan e kerasnya ga?
^__*

Poppus said...

Waktu belajar bahasa jawa di suroboyo pasti lebih banyak ngapalin kata-kata jorok yaaa, hayooo hahahaha

bandit™perantau said...

wendy: hehehe... lucu wes.. hahah

denny: ah, speak english lagi, disepak-sepaklah awak.,...

Gogo: :D

Dede: Hweleh weleh... enek maneh blitar-an.. iyo nong e wes bener, Kok bisa tahu? saya ke blognya dulu...

Violet: Gak ada masalah dengan itu, hanya sja itu maslaah utamanya Ito... coba bayangkan saya bilang gini. Kemaren aku makan nasi pecel pake perkedel tiga, sambelnya pedhes-pedhes, habis itu mencret-mencret tiga hari.... heheheh

Brokoli sehat: Iya itu betul kalo "ngapalin"nya di ganti "Ndengerin".... hahahahha

Yessi said...

belajar basa jawa samaku aja, Dit :P

bandit™perantau said...

Mbak Yessi: Mau mau mau.... semangat 45 Mode On.. :D

Anonymous said...

hahaha...saya yang orang jawa ya sami mawon, kalo ngomong kromo pating pecothot.

salam kenal

mr.snugglemars said...

wadoh wadoh,,
roaming...
hahha...

yoan said...

hiahaha.. saya pertama2 idup di jawa dulu sering dikerjai temen. masa saya diajari bilang "ju@nc*k" di depan orang2 tua. kata mereka itu sama aja dengan "permisi".

semenjak tragedi itu, saya mati2an belajar bahasa jawa. ngak mau lagi saya dikerjai temen2 iseng itu... *eh curcol =D*

bandit™perantau said...

gerrilya: Heheheh.. jadi gak salah dong kalo saya juga gak ngeh ngeh... ! Hihihihi

denny: roaming? Ro si aming? :D

yoan:hahaha, saya malah pernah denger cerita ada org batak diajari bahasa jawa bilang terimakasih itu.. "endhasmu atos...!" hahahahahah... btw aslinya emang mana?

ipied said...

wuhahahahaha orang batak bahasa jawa wahahahahaha *ngakak ngejengkang* err coba deh orang batak boso meduroan pasti luwih lucu meneh :)) wakakakakaka

Anonymous said...

aku ngguyu dhewe ikiii.. jan lucu banget rek :D :D :D *ngakak sampe njungkel*

yoan said...

hehe.. saya orang sumatera selatan yang lahir dan besar di lampung, bang... =D

lilliperry said...

hahaha... ada2 saja kau lae.. nggeh ajalah pokoknya :D

bandit™perantau said...

ipied: Nah itu pernah saya coba, walaupun logatnya aj yg saya tiru... hahahahah

mbak devieriana: Hehehheheh

yoan: Oh, salam kenallah ya Kawan... saya pingin juga sampai ke palembang dan lampung... hehehhe..

lilliperry: huheheheh... jd ingat istilah ini dalam bahasa jawa, nggah nggih mboten kepanggih...

Rita Susanti said...

Wah bang Atto, aku tuh ingin banget bisa bahasa jawa halus, enak banget yah di dengarnya, sama kayak basa sunda alus juga gitu...Jadi kapan nih bisa ngajarin??:)

none said...

baru sadar ternyata blom follow blog ini. padahal bang bandit udah sering komen ke tempat henny. maaf ya bang ^^

Lisha Boneth said...

:)) :)) :)) *ngakak dulu sblm komen

saya malah pernah diomelin sm bos saya waktu baru kerja di jkt abis lulus SMU.. gilakkk saya asli dr samosir.. indonesiaan aja blom luwess.. laahhh si ibu ngomel2... "s*lit mambu bla.. bla.. bla.."
woahh.. refleks saya lgsg nanya di dpn idung si ibu.. "bu.. s*ilit mambu apaan?"

kontan seisi ruangan ngetawain saya.. smpe akhirnya satu gedung tauuu.. maluu deh..

ayo bang belajar bareng2

bandit™perantau said...

Mbak Rita; Senang dipanggil Atto... heheeh... Kok malah saya yg ngajarin? ajari saya juga bahasa sunda? Kumaha damang? :D

Henny: Ahaaa... tak ape-ape lagi Kawan... santai saja... :D

Lisha Boneth: awhahwhahwahwhah..... iya, harus belajar... biar bisa tambah akrab dalam bergaul... :D

mel said...

biar Mel org jawa,,bahasa jawa yang alus mah ga bisa,,,,,

online online said...

tapi kalau udh lama banget and mau gaul ama org setempat,,,pasti bisa ngomong juga deh bahasa setempat

Toga Nainggolan said...

... wakakakaka... mantap itu lae.. kata sodara kita org minang, dimaa tanah dipijak, di situ langik dijunjuang.

oiya, lae udah jadi seleb skrg di ngerumpi.com. banyak fans jg lae rupanya. ;)

ina said...

wkwkwkwkwkwk.... lucu sekali kag,... :D

sarjana pengangguran said...

baja: batak jawa... :D

Riki Pribadi said...

halah...

Freya said...

hway hway.....

marga aha, lae?

Au parsiantar, bang...wakakakaka....

aye juga senasib ama abang. Abang batak juga? Aye batak tulen, nyasar di tanah jawa alias jogja. Tapi, kebalikan dari abang. Aye ga bisa bahasa batak dan bahasa jawa WAKAKAKAKAKAKAKAKAKA......

Lagian ngga ada yang bener-bener niat ngajarin bahasa daerah sih. Diajarinnya sepatah kata gituh, yah aye lupa lagi dah katanya. Kalo bahasa batak seh lumayan ngerti karena tiap hari orang rumah ngomong pake bahasa batak, tapi aye ngga bisa ngomong nyiehehehe...

Ngomong2 baru kunjungan pertama nih ke sini. Salam kenal ya bang. Aye follow blog abang aah. Lucu-lucu isinya.

Salam kenal ya bang. Aye ines.

morishige said...

bang bandit. saya juga punya teman orang batak. saya jadi bisa membayangkan logat bang bandit. ada cerita lucu waktu kami baru2 tiba di jogja dan mulai kuliah.

dia mau nanya jam berapa sekarnag ke temen saya. "Jam piye?" katanya... lha? temen saya kan bingung. dia cuma jawab. "maksudmu? jam kan bunder.."

ternyata maksudnya mau bilang "jam piro.." hahaha
hehehe...

Enno said...

bade tindak pundi mas?

wakakakak

bandit™perantau said...

mel (yg juga online online): Saya pernah 5 bulan di Sumbawa, kayaknya cuma bisa sedikit" logatnya.... heheheh... susah sih nagkepnya...


Lae toga: heheheh, Iyalah Lae... nih dah 10 bulanan di Maumere cuma bisa bisalng terimakasih dalam bahasamaumere... "Epang gawang...!"


ina: hehehe...

sarjana pengangguran: Apa pulak itu lae... heheheh

Riki Pribadi: heheheheh...

Freya: Sip... km yg aneh kayaknya dah saya follow.. :D... Iya saya batak tulen, terdampar di Flores, Maumere... bahasa batak masih jago lah... bahsa jawa yg surabaya sih masih... heheheh... Iya salam kenal juga... saya bandit... :D

morishige: jiayakakaka... PD kali dia ya.. :D

Enno: Hooo? Kajenge teng Irian Mbak...!!... hahahahah

Anak Nelayan said...

mampir yoo mass blog e sampeyan uapik rekkk

abeng beng /arjopedal said...

ha ha ha ....lucu sampean gakeroh logat bosone koyo opo batak jowo

Berry Devanda said...

saya pikir itulah hikmah dari merantau, jadi banyak pegetahuan, salah satunya dari segi bahasa...
hidup perantau..

bandit™perantau said...

anak nelayan: iyo suwun yo, liputanmu nang blogmu ttg kampungmu banyuwangi apik jeh, heheheh

abeng beng /arjopedal: yo wes ngono iku, pasti di guyu karo arek-arek... hahahah

Berry Devanda: Hidup perantau... hahahaha

Ratusya said...

huahahaha.. gua ngakak ngebayangin orang ngomong bahasa jawa tapi pake logat batak kaya lu...pasti unik deh bunyinya :D *peace*

owwwwwwwww... elu juara kelas toh... cieeeeeeeee... ck ck ck.. apalagi ya kelebihan bandit yang satu ini?!

btw, lu hebat ya punya kemauan untuk bisa mengerti bahasa dimana langit dijunjung disitu tanah dipijak *eh bener ga pribahasanya*. Gua blasteran sunda-manado, sama sekali ga bisa kedua bahasa ntu. hihihihi.. *kok bangga?!*

jadi bahan tertawaan? huahahaha.. gua juga sering diketawain ama geng gua. gapapa lah yang penting mereka seneng ajah :D. xixixi

bandit™perantau said...

Mbak Quinie: Iyahhhh... kita sama" suka menyenangkan orang lain... heheheheh

Anonymous said...

New here,

I'm just browsing sites for the children of Haiti.

I'm doing this for a non-profit organization that devotes themselves to
creating oppurtunities for the children in haiti. If anyone wants to donate then do so here:

[url=http://universallearningcentre.org]Donate to Haiti[/url] or Help Haiti

They provide children in Haiti books and teach them.

And yes, they're legit.

It would be awesome if you could help us

Kolor Bandit said...

aq malah ga bisa bahasa jawa xixixi