Medan - Doloksanggul with SAMPRI...!

18 January 2010
Iya...
Dan setelah tiba di Medan, Tilang (Paman) saya menjemput saya. Saya menginap semalam di rumah Tulang. Malam itu sempat keliling-keliling sebentar sama Tulang. Dan besoknya langsung menuju loket bis AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi). FYI, baru hari itu saya tahu arti AKDP, dulu-dulu saya pikir itu artinya Aku Kejar Dikau Pariban... Heheheh


Bis AKDP:(bukan) AKu Kejar Dikau Pariban..!


Rindu ini tak tertahankan saudara-saudara..
Tak bisa disangkal kerinduan terhadap kampung halaman, orangtua, sanak family yang ditinggalkan dan tidak bertemu selama 9 tahun lebih, sangatlah membludak....

Mau tahu rasa rindunya seperti apa?, Ijinkan saya "berpuitis" sedikit Kawan...
9 tahun memendam rindu...! (anggap saja ini judulnya)

Akh..
Masih segar di ingatanku...
Segarnya rumputmu
Harumnya tanahmu...
Lembutnya lumpurmu..
Jernihnya airmu..
Sejuknya pagimu..
Teriknya siangmu...

Oh desaku..
Desa Matiti

Tak terbendung rindu 9 tahun ini..
Ingin melihatmu...
Bersua denganmu..

8o km/jam kecepatan mobil melaju..
Dari Medan menuju Doloksanggul...
7 sampai 8 jam...
Akh... rasanya 100 km/jam ini rasanya bagai kecepatan bayi merangkat..
Kapan samapainyaaaa... ah..

Kurtarik nafasku...
Seolah-olah aromamu tercium dari jauh..
Aku rasanya seperti gila...
Menggetar-getarkan kepalaku sembari menahan udara dingin mulai menusuk...

Ah, sudah berhenti bisnya..
Dimana ini?
"Masih di Kabanjahe Amang...!" jawab seorang Nantulang yang duduk di sebelahku...
Berapa jam lagi Nantulang mau ke Doloksanggul...?"
"hmmm sekitar 4 jam lagi Amang...!"


Foto di samping rumah Makan di Kabanjahe..!


Melaju lagi...!
Akh...
Serasa sudah setahun saya di Bis ini...

Kupaksakan tidur berharap saat bangun aku sudah samapai,
atau setidaknya sudah dekat...
Namun jalanan yang tak sepenuhnya mulus membangunkanku...
Goncang...

Goncang?
Iya..
Perutku serasa ikut menari-nari di dalam..
Berdangdut ria, bingung mengikuti irama tape mobil atau irama goncangan...
Ah...

Ahh..
Kenapa?
Mual...
Cari plastik..
Buka..
Wekkk sorrr....

Mabuk 2 episode kulalui untuk menemuimu Matiti...
Tapi tak membuat badanku lemah..
Semangatku tetap membara...

Rulayangkan padangku ke pinggir-pinggir jalan...
Rumah... Hutan...
Penambangan pasir dan batu...
Aku tak pernah melihatnya sebelumnya..
9 tahun yang lalu aku tidak lewat sini...
Aku lewat Sibolga...

Ah...
Lama nian...
Deru mobil tak ku hiraukan lagi...
Semakin memacu dan semakin memacu...

Kulayangkan pandangku melalui kaca jendela mobil...
Kulihat...
Jurang di kanan...
Bukit di kiri...
Ahh...
Pemandangan itu indah sekali...
Seandainya mobil berhenti disini aku akan mengabadikannya dengan kamera..


Melaju dan terus melaju...
Dan akhirnya sampai di tempat yang tak asing buat ku...
Menara itu...
Nama kota di plang penunjuk jalan itu...
2 jam lagi ya..



Dan rindu tak tertahankan ini semakin meluap-luap...
Aku tiba di Doloksanggul...
Aku tahu jalan ini jalan Sisingamangaraja...
Ini jalan ini aku tahu, Jalan Siliwangi...

Mobil berhenti di loket..
Akh, kenapa tak langsung saja Pak... heheheh

"Hasian, aku dah sampai Doloksanggul.. hehehe...!"
"Hmmm, kau senang sekali ya..."
"Iya Donk... 9 tahun gtu lho...!"
"Hahahaha"

Dan dari Doloksanggul...
Melaju melewati Sihite... artinya sekitar 8 menit lagi...
Sampai di Simpang Pearaja... 5 menit lagi...
Simpang Tolu Hutagurgur... Aku turun disini...

Calling... Uma (mama)...
"Ma... nga sahat au di Simpang Tolu...!" (Mak, dah samapi SImpang Tiga..!"
"Tunggulah ya... kujemput...!"


NB: Selama di Bis sempat ngobrol-ngobrol sama Nantulang, penumpang dari Medan menuju Pakkat. Tau gak, becandaannya lucu.. "Jadi menantuku saja Amang..!" yang spontan saya ngakak.. beliau ngakak, Ito (gadis) di sampingnya juga ngakak...! Hupf.... Serasa kerinduan saya untuk ngobrol berbahasa Batak panjang lebara sedikit terpuaskan...!

*menunggu jemputan Adek saya, 5 menit...!



21 comments:

-'moRis- said...

Brarti pulang kampung skalian cari pariban 'y 'to,
huahahaha

Osi said...

Wkwkwkwkwk....Ternyata Banditpangaratto bisa mabuk darat juga ya....anti deh....

Masa cowo mabuk sie....hehehehehe
2 episode lagi...hahahahahaha

Tapi selamat ya...akhirnya nyampe juga...seakan mabuk jalanan yang di derita telah terhapus untuk sebuah kerinduan

Seiri Hanako said...

truss cerita paribannya mana?

^^

QueeniieAngeLa said...

wew. 9 tahun baru balik lagi? kalau aku udah nangis darah! histeris! kurus kering! kangen gila! hahahhaa. untungnya aku masih bisa pulang, setidaknya satu tahun sekali.

selamat kangen2an dengan semua yang ada di sana, yaaa..... :)

tariq said...

olalala...asyiknya di kampung halaman...

dj martha said...

waduhhh baca postingannya pikiran melayang kayak nonton film-film india gitu...

wuidiiihhh kayak apa itu 9 tahun ditinggal kampung halamannya? pasti banyak yang berubah kan?

btw, jangan-jangan langsung dikawinin sama pariban weksss... hehehehe...

trus bawa oleh-oleh apa dari tanah papua untuk kampung halaman dan sebaliknya bawa oleh oleh apa dari kampung halaman kembali ke papua...

ehh tapi balik ke papua lagi gak ya?????

sangking susahnya ungkapin isi hati jadi cuma puisi2 ya bro... hehehehe...

puas dong pulang kampung...

Bandit Pangaratto™ said...

moris: mirip mirip begitulah... hahah... btw profilmu kok not available sih ito?

Osi: maafken daku... hahah.. (knapa juga hrs di bilang ya, menurunkan nilai jual.. hahaha)


Seiri: Pariban? hee, sabar sabar... hahahaha

QueeniieAngeLa: it's done... heheheh

tariq: hehehe

dj martha: heheheheh... satu: saya tidak di papua bro.. di Maumere, NTT... heheheh... dkawinin pariban? selamat menuikmati cerita selanjutnya ya... hahahah

julie said...

waah orang kabanjahe itu rupanya
aku ada di medan
salam kenal

Bandit Pangaratto™ said...

Julie: bukan, bukan, saya bukan org kabanjahe... heheheh

anyin said...

9tahun.. untuk kangen saja tidak wajar.. sangat amat banget kangen sekali.. mungkin itulah yang benar :)

Bandit Pangaratto™ said...

anyin: hahahahaha... it seems to be...!

bukan facebook said...

Maknyuss...baca tulisan ini saya baru sadar kalo saya terakhir pulang ke medan tahun 1995... :(

zooro said...

udah dapet tok ???
salam kenal yah...

Bandit Pangaratto™ said...

bukan facebook: hjaaaaa...? heheheh

zooro: iya salam kenal.. maksudnya dapat tok apa ya?

Irwan Bajang said...

perjalanan dan kenangan itu..
oh..saya suka berjalan jauh dan selalu rindu pulang..seperti di sini
kapan ya bisa ke flores..hehehe

Gogo Caroselle said...

iahhhh senaangnya liat gambar2nyaaaa!!!
aku jadi kangen medan jadinya!

Bandit Pangaratto™ said...

Irwan: hehe, kami tunggu selama kami disini bro... hehehe

Gigi: heheh, kemaren berharap bisa mmemoto keindahan malam kota medan Go.. tp gak sempet.. hehehe

-'moRis- said...

avaliable ko'....
aku bisa liat ntuh :)

Bandit Pangaratto™ said...

Gak bisa saya buka Mor, Profile Not Available gtu... entah salahnya dimana...

link blogmu mana coba?

tampumargana said...

matitimu didia?
ai lam jonok tu jabuni umaku daba,,,,,,,,

bandit™perantau said...

Tampu: di Lumban Matondang Lae... hamu didia?