-Di Matiti-...!

19 January 2010
Dan...

Setelah saya menelpon dan memberitahukan saya sudah samapai di Simpang Tolu, sayapun menunggu. Melayangkan pandangan saya ke sekeliling. Itu Rumahnya Parjagal, itu rumah oppung parkode, itu rumah si Erwin, kesana rumah si Darwis, itu rumah si Bunga yang beberapa waktu lalu sudah menikah, dan itu gang menuju sawah kami..

Huhh... tak banyak yang berubah, aku melayangkan pandanganku ke arah jalan Pakkat sana tak kutemui lagi 2 pohon besar yang dulunya sering menjadi tempat kami bermain petak umpet. Belakangan saya melihat bangkai pohonnya sudah di tebang. Demi keselamatan penduduk setempat saya kira. Bagaimana tidak, pohonnya sangat bweweweweewewesar..!

Dan mereka tak mengenalku lagi...
Saya ingat saya sering beli permen karet di kode (kedai) itu...
Saya ingat saya sering berdiri nonton Wiro Sableng di warung minum itu, hampir setiap hari Minggu.
Saya ingat saya sering beli mainan di toko itu...
Hahaha, what a very impresive kampung...! (Eh, impresive itu apa sih??)

Dan..
Ibu saya pun tiba.. dengan adek saya..
Saya memeluknya...
Airmata ibu sayapun meleleh..
"Sudah kulihat anakku, akhirnya..!" kira-kira seperti itu...
"Eh.. mama, kok nangis lagi, tahun kmaren gak jadi pulang nangis, sekarang dah pulang nangis lagi.. Akh... janganlah Mak..!"
"Ibu menangis bahagia Nak...!"


"Ai siapamu itu..?" tanya kakek yang jaga kode itu...
"Ini anakku yang merantau itu..." jawab ibu saya..
"Haa.. haa.. ya Tuhannn.. sudah sebesar ini sekarang, tadipun kupikir siapa kok berdiri berdiri disitu...!"

Dan kami beranjak menuju rumah kami..
6 menit dari Simpang Tolu menuju ke Lumban Matondang...

Sampai..
Gempar.. (halah)...
Nantulang, Oppung Doli, Oppung Boru, tetangga... Here i come...
Saya masih ingat mereka semua.. Nantulang ini, Oppung anu.. Namboru, Mamaknya si Anu, Emaknya si Anu..
Ahaa... saya benar-benar di kampung saya...
Benar-benar di rumah ayah saya...

Ayah?
Beliau menangis sebentar,
Kok sebentar..
karena ketika beliau menangis saya meledeknya..
"Heheh, bapak ini menangis tapi air matanya gak turun...!"
"Ahh, gak jadilah, padahal sudah latihan Bapak...!" heheheh

I'm Happy kawan...
Totally happy...
The thing that i've been fighting for is this...
Met my Mom, my Dad and make them happy...

Here i come Dad...
Here i come Mom...
Dan ini putramu datang kampungku..
Desa Matiti, tempat dimana sebagian besar episode pertama kehidupanku berlangsung...
Desa yang di pagi hari penuh kabut...







Dan diatas semuanya itu, Puji Syukur bagi Tuhan...


Masuk rumah..
Gelar tikar..
ngobrol-ngobrol...
Entah kenapa saya masih tak banyak ngomong...
Diam..

"Ehh, knapa diam saja..!"
"Iya, dia itu masih terkaget-kaget dia itu...!"

Iya, dan jika anda bertanya bagaimana rasanya kembali ke rumah yang 9 taun lebih tidak anda lihat? Terlebih itu kampung halaman dan tempat orangtuamu? Dan selama 9 tahun lebih itu anda berjuang dan berharap dan berdoa agar bisa pulang ke kampung halaman..!

Jawabannya: terdiam penuh syukur...! Serasa saya butuh seseorang mencubit saya untuk meyakinkan kalau saya sudah benar-benar di rumah ayah saya, bersama ayah saya bersama keluarga saya...!

I'm home Lord.. and it's all Your kindness.. ya..
Jika ada ucapan rasa syukur yang lebih tinggi dari terimakasih,
Saya akan mengucapkannya..
Ini, rasa syukur..
Terimakasih yang tulus...
Ungkapan kebanggan hatiku mengikuti-Mu, meski kadang saya jenuh...
Belajar setia di hadapan-Mu, meski kadang jatuh...

Saya terharu atas perbuatan-Mu..
Saat kurenungkan jalan hidupku...

Laki-laki kecil yang dulu di kampung ini celananya sering melorot,
Sepatunya sering terbalik anara kanan dan kiri...
Mengancingkan baju saja kadang tak benar, lobangnya sisa satu...
Ya, 9 tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya...
Saya masih ingusan,...
Saking beringusnya, sampai-sampai ibu saya menjepitkan peniti dan lap tangan di baju saya

Ah,
Saya, laki-laki yang kesehariannya sekolah, ke sawah, ke ladang ke hutan...
Pulang sekolah berangkat ke sawah untuk mencangkul, menanam padi, menyiangi, panen, dst...
Ya, ke ladang mencangkul, menanam ubi, sayur, cabe, tomat dll...
Ke kebun, menanam kopi, asam, dan merawatnya
Ke hutan, mencari kayu bakar, membawanya pulang ke rumah...

Iya, itu saya Tuhan...
Engkau tahu itu semua...
Tak tersembunyi di hadapanMu...

Siapa yang menyangka
Laki-laki yang terlahir bernama Aron Hot M Malau ini bakal menjalani hidup sampai ke Flores..
Ah, Tuhan... indah nian Karya-Mu...



30 comments:

secangkir tehn dan sekerat roti said...

kenapa cantik sekali kabutnya..! OH!

DESFIRAWITA said...

kabut tipis
polos
hmm...

Violet said...

beli permen karet, sambil meler ingus nya yah.
hahha..seperti itu kya nya. :P

inang-inang kan cewek, perasaan nya lebih peka dari cowok. Jadi mo sedih, bahagia tetap aja nangis. Apalagi udah lama ga ketemu anaknya.
Tapi kenapa yah, menangis itu seperti tabu di kalangan cowok. Kan ga pa2 lagi..

Violet said...

hikss.. ga bisa lihat fotonya.

Gogo Caroselle said...

bandit mengharukan bgt dit,
aku jd mau nangis :(

Itik Bali said...

Hmmm...pagi hari penuh kabut
tapi yang namanya kampung halaman selalu setia untuk dinanti

Seiri Hanako said...

eh.. berkabut????
pastinya dingin banget kan...

Si_Isna said...

waa.. indahnya pulang kampung...
bahagianya bertemu keluarga...
hal yng paling diinginkan oleh para perantau...

btw, nunjukin kabut atau tiang listrik tuh...
hehehee... pisss... ^.^v

Bandit Pangaratto™ said...

Kak Ve: dinginnn..

Desfi: hmmm...

Violet: imajinasimu bagus sekali Vi.. hahahah, nangisnya bukan tabu, tapi ya untuk menghibur saja, masa saya biarkan menangis... hahahah

Gogo: hee.. jgn nangis.. jangan nangis...

Itik Bali: heeh, iya..

Seiri: dwiwiwiwiwiwngin... heheheh

Isna: saya lagi berharap bisa seperti tiang itu, tetap tegar walopun dingin menusuk.. hahahah,

-'moRis- said...

ternyata malau toch, tulang donk :D
(Intermesson, wkwkwkw)
Matiti ntuh dmn sich tepatnya..?

What really happy thing for being together

Bandit Pangaratto™ said...

moris: haa? Tulang? sian dia dalanna? Mtiti itu di Doloksanggul... hehehe

wat a minute.. mamamu boru apa, dan kamu boru apa? hehehe

laurentina said...

Haduh, saya jadi terharu. Sembilan tahun nggak pulang, Ron? Kok tahan? Kalau saya, pasti saya bela-belain pulang tiap tahun buat sungkem sama orang tua saya..

Henny Y.Wijaya said...

lha,,aku baru liat kalo template blogmu udah ganti!
jadi lucu, warna warni

Yessi said...

dooohhh...jadi pengen pulang kampung awak... :(

Clara said...

wah, senang ya bisa kumpul sama keluarga lagi ^^

minomino said...

wowww...senangnya berkumpul kumpul :)

BrenciA KerenS said...

TERHARUU... aku 100% totally terharu bang..

berkumpul bersama keluarga itu memang yang terindah ya...berada ditengah2 keluarga sebenarnya adalah anugrah ya... tapi sayang ga semua orang bisa menghargai betapa berada diantara keluarga itu pentting sekali.

tiidaakk.... aku bener2 terharuu...

Bandit Pangaratto™ said...

Laurentina: mungkin akan jadi cerita yang berbeda jika orangtua di 8 jam dari kota medan, dan saya terpisah jauh ke Maumere, NTT... hehehe


yenni: yap, tahun ini akan berwarna-warni buat saya... hehehhe

Yessi: ayo pulang... ayo ayo ayo.. hehehe

Clara: no doubtly ...

minomino: surely be... hehe

Brencia: kadang manusia memang memiliki hal-hal berharga yang berbeda...

pandu said...

begitu lama ga liat kampung halaman bisa bikin stess (kalo saya),,,
hihihi

Quinie said...

huaaa 9 tahun ga pulang? duuuhh kangennya udah segunung tuh.

ternyata Tuhan emang udah punya rencana untuk kehidupan semua ciptaannya :)

terharuu

abeng beng /arjopedal said...

pagi hari yang berkabut pastinya terasa dingin

SeNjA said...

wah,senangnya bisa kembali pulang sobat ?
selamat berkumpul kembali dgn yang tekasih.....foto2nya indah,langit ternyata punya kekuatan yang luar biasa ya ^^

Bandit Pangaratto™ said...

pandu: .. dan saya senang saya bisa mengatasi stress saya bro.. hehehe

Quinie: iya, DIA memang menyatakan eksistensi-Nya juga lewat jalan hidup yang kita lalui.. hehehe

Abeng: kabar buruknya, saya hampir tak pernah membeli jaket di Maumere.. hahaha

SEnja: heheh.. thanx...

Hesty Wulandari said...

caramu bercerita bang..bikin aku terharu...kerennnlah pokoknya..
rasanay pasti amat menyenangkan ya bisa pulang setelah sekian lama

Bandit Pangaratto™ said...

hesty: yop.... bahkan lebih dari amat menyenangkan... heheheh

Anonymous said...

Gattian ma jolo hita bah lae... ahu pe nungga 10 taon dang mulak tu matiti... Anggo taon on ikkon mulak nama ahu mangida ingananhu marmahan horbo hinan dohot lapak panabianhu hinan... oppe... ikkon nama... holan hujaha puang cerpen ni lae... Mulak nama..

Btw, parlumban matondang... bahhh... dang hutanda.... :D

bandit™perantau said...

Anonymous: Bah baen hamu goar jala margamuna lae, asa binoto martutur... selamat jalan ma lae... :)

Suranto simanullang said...

Wow. .Ba horas ma tutu. Baru buka dope blog muna on puank. Gb sgn na sukun2 roha, ise jala didia do nuaeng jabumuna di lbn matndang? Au parmatiti do. Jonok tu jabu ni parjagal sipa1000. Goarhu suranto simanullang. Tole ro hamu markombur lae di http://www.surantoboy.blogdetik.com

bandit™perantau said...

horas Lae...
hutanda do parjagal pasaribu, sering do hami tu si, tu simpang tolu i..
molo di lbn matondang sukkun hamu ma di dia jabu ni si Aron Malau... godang do umboto sa i..
Mauliate

Lasdy Banjarnahor said...

sai hurippu manang ise nakkin.,.,.,.,

memasyarakat do bahasa mi bah.,.,.,
menyentuh kalbu