Doloksanggul. Maronan. Mie Gomak...!

23 January 2010
Kegiatan pasar di kampung kami terjadi sekali seminggu. Beda dengan di kota-kota besar, kapanpun anda mau belanja keperluan sehari-hari, pasar ada setiap hari. Dan masyarakat Matiti, Lunban Matondang, Hutagurgur, Sibuluan dan daerah sekitarnya umumnya bergabung di pasar Doloksanggul. Dan itu tepatnya hari Jumat...!


Hari Jumat itu adalah hari maronan, ke pasar, dan itu sangatlah istimewa waktu saya masih di kampung. Pada hari inilah makanan lebih enak dari hari-hari sebelumnya. Biasanya akan ada ikan mujahir mentah yang di beli dari pasar, dan bakal di masak ARSIK. Masak arsik itu ya ikannya di masak dengan bumbu dan urap-urap, direbus sampai airnya hampir kering.

Maronan ke Doloksanggul itu berarti kerjaan tidak terlalu berat, karena pengawas (baca: Ibu) pergi ke pasar. Terlebih kalo saya ikut ke pasar. Saya masih ingat saya bakal ikut ke pasar sepulang sekolah menemani Ibu saya, biasanya itu karena ada barang yang harus saya bawa, entah ubi sekarung, bawang 14 ikat, atau sayur beberapa ikat, bisa juga jeruk asam setengah karung termasuk juga beras dan lain-lain yang bisa di jual untuk mencukupi keperluan ikan seminggu. Ya ya ya, walopun saya diikutkan untuk tujuan membawa barang-barang yang mau di jual itu, toh saya senang, karena setelah itu semua saya pasti kebagian seporsi Mie Gomak. Heheheheh, for my childhood, the main point of "maronan" is Mie Gomak. hahahah


Dan sewaktu pulang kampung kemaren, saya maronan sekitar 2 kali. Tentu saja makan mie gomak nya tak bakal di lewatkan. Bahkan tan hanya itu, setelah menikmatinya di onan/ pasar itu, masih juga di bungkus untuk di bawa pulang. Dulu, ada kisah lucu ketika makan Mie Gomak. Waktu itu ibu saya melihat kok saya mencampur kecap asin dan kecap manis ke Mie saya.

"Kenapa sudah pake kecap asin, masih juga pake kecap manis...?" tanya ibu saya..
"Supaya kuahnya banyak...!" jawab saya sekreatifnya... Hahahah

Dan, karena dari awal bertujuan bakal menikmati onan sepuasnya, sayapun sengaja tak membawa kamera. Selain itu, juga karena saya menggendong ponakan saya..! Ya ya ya, saya menikmati kegiatan maronan itu. Dan ketika maronan ini juga saya bertemu dengan beberapa teman SD saya dulu... Really excited to see them..! There is a whaaaa.. a whooo... yaaa...! And some noises like that...!

Doloksanggul, disitulah Onan / pasar itu di gelar..! Dari rumah kami, sekitar 8 menit jika mobil terus melaju..! Sekitar 1 menit jika mobil angkotnya menaikturunkan penumpang..!
Dan mungkin bakal di Doloksanggul inilah saya menghabiskan SMA saya jika saya tidak merantau...!



Doloksanggul di Siang hari..!




Doloksanggul malam hari..!


20 comments:

richo said...

wah mie nya kayak mana tu bang,yummy mesti hmmmmmmmm boleh ni di kirimi

Sari said...

Foto mie gomaknya kok ga ada? :D

dewi said...

duh keren ya tempatnya.. q belum peranh loh bang ke sana.. lagi rindu kampung halaman ya bang? heheh

Violet said...

Haghaghag..memuaskan diri dengan makan mie gomak yah. hmmm..memang enak sich. Apalagi tuh arsik-arsik.
Dolok sanggul nya bersih yah. Dan kelihatan nya sih sejuk.
Eh..kok ga pernah cerita tentang dali?

-Gek- said...

Mana mienyaaa..?
Bagi!
Laper neh.. :)

Bandit Pangaratto™ said...

richo: hehehe... dulu dah pernah mosting kok..


Sari: iya ya ya.. sebelumnya dah pernah di pofting Bu...


Dewi: like i always do Dear...


Violet: dali? itu kan semacam kacang.. bean... pernah sih dulu menjualnya beberapa kali waktu kecil.. heheheh


-Gek-: come here... hahahah

Violet said...

kacang? oh..dali di dolok sanggul itu artinya kacang? klo di t4 si opung, dali itu susu kerbau gitu, tapi bentuknya dipadati, ga cair. hehehe

Bandit Pangaratto™ said...

Violet: Oh itu... di tempat kami mungkin dulu dikenal dali juga, tapi skrg dah lebih sering di bilang susu kerbau, iya di padati... dan sedapnya bukan main... hahahah, memakannya sekali ketika di bawa kakak saya dari samosir... susu kerbau asli tanpa campuran tepung... hheheheh

Quinie said...

huahahaa... kalo kuahnya mo tambah banyak, tambahin air, tambahin minyak :p

poto yang kala malam hari, kerennn!!!

Daysee said...

Habis pulang kampung oleh-olehnya banyak nih..

Foto mi gomeknya mana? ngilernya kurang cute ni kalo gak liat fotonya..

ALRIS said...

Masa kecil emang indah. Lebih terasa nikmat ketika kita menapak tilas kembali. Salam

maya sitorus said...

itooo,,,aku suka sekali mie GOMAK,,,sphagettinya halak batak,,,

dulu kalo aku lagi pulang kampung, aku juga suka sekali kalo hari maronan tiba,,bisa banyak beli makanan,,secara di kampung yang jualanpun sikit kaliii bahhhh!!!!

kampungku di porsea ito deket indorayon,,,

ahhh jadi kangen opungggg...:)

Etha said...

poto mienya mana???jadi pengen ngerasain mie gomak ... etha kan penggemar mie ^^

Si_Isna said...

nambahin kecap asin ma kecap manis emang ngaruh ke kuah ya... :P
atau jgn2 nuang kecapnya sebotol penuh... hihihiii...
pissss... ^.^v

julie said...

aku pernah ke situ donk :D

Bandit Pangaratto™ said...

Quinie: hiyahahahahah.... itu ceritanya beneran lho...


Daysee: sebenarnya dah pernah saya post fotonya dulu....


Alris: salam balik Bro... hehehe


ito maya sitorus: hai hai hai... saya bolak balik lewat porsea lo... lewat doank tapi..! heheheh. DI porsea masih lebih ame timbang di Doloksanggul ito.. walopun cuma lewat saja, klihatan kok lebih rame.. yg jualan makanan pun lebih banyak... :D


Etha: tuh tuh pernah saya postiong.. silahkan liat" arsip... muhahahahah


Si Isna: iya donk.. secara kecap asin dan kecap asin adalah sebuah benda yg memiliki berat, massa dan volume.. hahahahahah


Julie: saya tak meragukannya..! :D

Yessi said...

mie gomak?
udah lama awak ga makan mie gomak..
hiks...jadi rindu rindu rindu serindu rindunya :)

Bandit Pangaratto™ said...

Mbak Yessi: hahahahah.... itu nyanyian bukan? rinduuuu rindu serindu-rindunyaaa... heheheheh

tampumargana said...

horas,,,,,,,,,, ehg hoda,,,,,,
di dia lae di dosa? on pe parDosa do bah,,,,,gabe taringot tingki di huta di bahen lae,,,,,,molo adong tinggi ni lae boi do hita markombur di abe_tampu (Y!M)

bandit™perantau said...

Lae Tampu: di Lumban Matondang Lae... ok lae... molo adong tikki da... jarang do au mar YM... lebih sering pake Gtalk.... banditsangperantau@gmail.com