Teman-teman SD.

25 January 2010
Dulu, teman-teman waktu kecil saya sangat menyebalkan, tapi setelah merantau, saya betul-betul merindukan mereka..! No friends like them...!

Yap...
Saya punya banyak kenangan indah bersama teman-teman saya semasa SD..! Indah tak indah zaman dulu, tetep saja jadi indah kalo sudah jadi kenangan. Saya tergolong anak SD yang cukup alim (cieeee), saya jadi salah satu bulan-bulanan teman yang kurang alim. jadi ceritanya semacam cerita sinetron dengan saya tokoh protagonisnya dan dia antagonisnya.

Ah, saya agak bingung memulai ceritanya seperti apa, tapi ada baiknya saya bercerita sesuai nama julukan yang sering saya dapatkan waktu SD...


Garong:
Ya ya ya, seperti yang anda ketahui, nama asli saya adalah Aron.. dan Jika di depan dan dibelakang ditambahkan huruf "g", jadilah nama saya Garong. Julukan ini secara harfiah: berarti Ubi. Bukan garong kayak dalam kucing garong, penggarong dan sebagainya. Iya artinya Ubi...
Awalnya julukan ini diberikan oleh kawan saya itu, yang kurang alim tadi.. (hhahahaha), sebut saja DM, laki-laki juga. Mungkin tatkala dia iri sama saya. Iri karena mungkin prestasi saya lebih baik, or something like that lah..! Iri itu memang tidak baik kawan.. (ehm). Dia selalu menyusahkan saya. Bahkan karena keiriiannya itu, saya sempat di marahi ibu saya dan di marahi guru saya. Kenapa? Buku saya pernah ketinggalan di laci meja sekolah dan yang mengambilnya dia. Dan kabar baiknya dia tak mengembalikannya.

Lamaaaaaa kemudian, sayapun mulai cuek-cuek saja menghadapi setiap nama panggilan yang mengejek, yang dilekatkannya kepada saya. Let it be..! Karena mungkin bosan tak ditanggapi, diapun mulai bosan berulah. Mulailah kami berteman baik, dan suatu kali kami pernah belajar bareng di rumahnya. Dan anda tahu yang terjadi? Dia mengembalikan buku itu. Buku Paket IPA.. Buku yang besar..! Yaaa.....! Ada gunanya juga berteman baik dengannya. Selain itu, besoknya, sepulang belajar bareng di rumahnya dia, saya sakit perut..! Kok? Iya, di rumahnya kebanyakan makan pisang..! Muahhahahaahh

Pelajaran berteman nomor satu: Jika kamu diejek, jangan hiraukan kawan, itu mirip ungkapan kepedulian dalam bentuk lain...!




Marcopolo:
Anda tahu rokok Marcopolo? Iya yang gambar iklannya itu orang berlayar itu.. di laut itu..! Ya ya ya... nah itu dia.
Di depan rumah kepala sekolah kami ini ada tertempel poster-poster Marcopolo ini. Ada seorang cucu Kepala Sekolah, sebut saja FS kami yang satu kelas dengan kami. Cantik. Manis. Putih. Dan baik...! (Kemaren saya sempatkan bertemu dengan dia. Lebih cantik, lebih manis, lebih tinggi, tetep putih, dan sudah wisuda..! Ahaaa...!). Anda jadi tahu siapa tokoh protagonis lainnya. Dan entah kenapa kebanyakan orang baik jadi korban-korban ulah manusia kurang alim tadi. Si DM. Si DM ini suka sekali mengolok-olok si FS ini. Sumpe deh Bo, kagak takut apa sama neneknya yang Kepala Sekolah itu..???. (bah, macam mana ini bahasa saya..?) Dan si DM ini bakal mencap saya penakut kalo tidak ikutan mengolok-olok si FS ini. Sinetron-zaman-sekarang-banget-gak-sih???. Dan saya menurut? Tentu saja tidak... Kabar gembiranya, saya malah di cap suka sama si FS ini, dijodoh-jodohkan..! Hahahahahah. Saya sih cuek-cuek saja (diluarnya), didalamnya? entahlah ya bo..! Kayaknya panas dingin...! Hahahaha. Si DM pun geram dan karena kegeraman si DM bercampur dengan kekreatifannya, akhirnya saya dapat julukan baru. Si Marcopolo. Panggilannya Si Marcop, pacarnya si FS... tak jarang di papan tulis sekolah itu ada tulisan Aron (tanda lope-lope) FS, atau Marcop (tanda lope-lope) FS...! Muahahahahahahaha.... Lucu kali jika saya ingat-ingat lagi. Belum lagi tatkala saya geram dan mengejar si DM, tambah menjadi-jadilah. Saat lolos dari kejaran dia bakal memasang pose "gagah" sambil berteriak: "Marcopolo, pemberani dan tangguh...!" Muahahahah. Belum lagi kalo di kelas, bakal seringd ah saya dan si FS dapat lemparan kertas bertuliskan nama saya dan nama si FS, dengan hiasan-hiasan lope-lope gitu...! Hahahahahaah

Dan kemaren waktu pulang kampung saya melewati rumahnya si DM pagi-pagi, ada laki-laki yang pake jas, ciri khas orang mau nikah. Saya pikir itu bukan dia. Saya pikir laenya atau sodaranya yang lain. Tapi ternyata, setelah kami berjumpa di warung saat dia makan mie gomak. Dia melihati saya saya melihati dia.

"Kamu si Aron kan..?"
"Haaa? si Darwis?" (kok saya jadi bilang namanya ya?, Darwis Manullang).
Dia langsung menampar pipi saya. Pelampiasan kerinduan yang tidak perlu di contoh Kawan. Hahahahah

Dan ketika menemui si FS di rumahnya, (sayang cuman sebentar), dia cerita kalo ternyata si DM ini sudah datang ke rumahnya si FS. Ngapain? Minta maaf atas kenakalan saat kecil dulu.. Muahahahahahah...!

Ada satu teman saya yang dulu sangat jarang ngobrol dengan saya. Waktu pulang kampung kemaren, saya melewati rumahnya. Dan dia berdiri-diri disamping rumahnya. Saya masih mengenalnya, namanya Luga. tapi saya ragu dia mengenal saya. Khawatir SKSD, sayapun berlalu, dan...
"Hooiiii...!"
Saya menoleh...
"Kau si Aron kan?" Saya terharu sekali kawan.

Dan tentang teman-teman yang lain, saya senang bertemu mereka lagi. Setelah sekian lama. Teman-teman yang dulu sering bawain makanan kalo belajar kelompok. Dan tentunya saya tukang makannya. Teman-teman yang sekarang sudah ada yang menikah. Ada yang sudah wisuda, ada yang menekuni bisnis ikan mas. Ada yang malah ke hutan mengusahakan kemenyan. Ada yang masih kuliah. Ada yang sedang menyusun skripsi. Ada yang pulang kampung waktu itu, banyak yang tidak. Akh, mari kawan, mari kita bangun kampung kita nanti...!


Sayang, saat mereka bikin acara temu kangen, saya sudah di Pulogodang. Dua jam perjalanan naik mobil dari Matiti. Dan rencana saya untuk foto bersamampun jadi tidak ada...! Argghhhh....!


Jauh,
Masih jauh kawan...
Perjalanan kita...

Tapi,
Dekat..
Sudah dekat kawan...
Kita akan bertemu lagi...!

Hidup..
Kita hidup Kawan...

Berjuang,
Kita berjuang kawan...

Untuk,
Untuk membangun kawan,

Kampung,
Kampung kita kawan..

Bahkan,
bahkan bangsa kita kawan...!

Aku,
Tak bisa cuma aku Kawan..

Kamu,
Tak bisa cuma kamu kawan...

Mereka,
Jangan biarkan cuma mereka Kawan..!

Mari,
Mari "merantau" kawan...!


19 comments:

Pitshu said...

kadang g anggap, ejekan itu tanda perhatian secara ga langsung lho! hahaha..
tp inget sd g jd inget temen g ce, malakin anak lain duit 500 perak, tau2 ga ada angin ga ada badai besok na g dimarahin sama ortu na itu anak, ternyata eh ternyata, tuh anak malakin duit 500 perak, bilang na di suruh g, coba klo sekarang ada yg gituin g, habis sudah tuh manusia :)

zujoe said...

hehe..laghi nostalgila ya mas?

temen baikku waktu SD cuma kucing doank >,<

Gogo Caroselle said...

iihh lucuuu
kok jadi inget sama laskar pelangi ya hihi

Sari said...

Jadi kangen temen2 SD-ku :(

Si_Isna said...

jangan2 si darwis naksir kau, ron... gyahahahahaa... ^.^v

btw, itu kamu ya yg berdiri dlm foto...??
keren abis...!!!
sumpe deh...

Si_Isna said...

eih iya... ad tugas menanti tuh di tempat ku... silahkan mo dikerjain ato di cuekin... hihiii...

Bandit Pangaratto™ said...

Pitshu: muhahahah... dah jaman malak-malak rupanya...!, kalo jaman saya mah, saya gak pernahd apat uang saku waktu SD.. hehehe


zujoe: jgn pe keterusan mpe sekarang ya Zu... akwkakwka


gogo: heheheh...

Sari; maafkan daku... heheh

Isna: muahahahahahahah..... sesama manusia berjakun dilrang begitu...a wkakwkak... iya itu saya...! heheheh... TUGAS? heheheheh... hihihihiih.... aduhhhh aku lapar.. makan dulu ya... :D

Henny Y.Wijaya said...

jadi ingat teman-teman waktu sd :)

DESFIRAWITA said...

waaaaaaaah...jadi kangen teman2 SD.
Mereka sedang apa dan dimana ya?
:D

Hesty Wulandari said...

setiap masa sekolah selalu ada cerita untuk di kenang..
btw, filosofi merantau memang keren..dan saya beruntung memiliki darah perantau di tubuh saya ..hidup perantau!!

sewa mobil murah said...

pengalaman kita sama lho
aku juga kangen sm mereka sayang aku tdk tau mrk skr.

richo said...

wah temen2 SD pada g ngenakin sekarang, ada 1 temen yg dulu buaik eh giliran aku pacaran ama keponakane dilarang..... padahal keponakane cuantik banget hehehehe

Bandit Pangaratto™ said...

henny: maafkan daku ya... heheheh

Desfi: hehehe


Hesty: i've got a friend.. and that's so nice.. hahaha


sewa: then find out... :D

Richo: ehm ehm... kenalin kenalin... hahahahah

Alrezamittariq said...

memang SD adl momen yg terbaik sepanjang kita sekolah...karena masih polos2nya..jadi berteman dengan tulus apa adanya

btw aku follow ya sobat...jgn lupa follow balik yah....makasih

Yessi said...

teman-teman SD ku dulu juga suka bikin nama jelek...wwkkwkwkwk...
trus suka jodoh-jodohin nama orang dengan menulisnya di tembok atau meja...si anu vs si anu..gitu...
hihihihihi...lucu ya kalo diinget-inget lagi ;)

Bandit Pangaratto™ said...

Alrez: hhehehehe... sip... iy ... thanx...


Mbak Yessi: hahahahah... belum lagi kalo dah surat-suratan.. muahahahahaha

Daysee said...

Memang..yang namanya teman senakal-nakalnya, seusil-usilnya, sebaik-baiknya pun..gak akan pernah bisa dilupain..

Jadi kangen ma teman2 yang suka ngusilin aku dulu..

Bandit Pangaratto™ said...

Daysee; after family, teman adalah hal yang banyak mempengaruhi kita... hehehe

rental mobil murah said...

nice info