Kentut: Alat pendeteksi kebohongan...!!!

15 September 2009


Saya sendiri ragu apakah judul itu mencakup isi postingan ini...!!

Jadi Kawan, apapun makanannya, apapun jenis kelaminnya, dan siapapun namanya, dan apapun apa-apanya, kesombongan itu bisa saja menyerang. Tatkala kehidupannya sedikit mulai menanjak, atau bahkan sebenarnya belum ada apa-apanya, namun virus kesombongan itu bisa saja menyerang. Dan bagi perantau,
melupakan bahasa asal-usul kelahirannya itu adalah sebuah kesombongan. Terlebih yang pura-pura melupakannya....!!
Setidaknya seperti itulah pandangan saya sebagai orang batak.

Sekedar berbagi cerita yang pernah saya dapatkan dari Guru kelas 5 SD saya waktu di kampung, di Doloksanggul.

Begini ceritanya....

Alkisah, tanpa pernah dikisahkan oleh Ki Sah, hiduplah seorang gadis muda, batak sama seperti saya, di kampung sana. Namanya Rukmini (bukan rok mini). Niatnya menggebu-gebu sekali untuk merantau ke Jakarta setelah lulus SMA. Dan tak bisa di bendung lagi, kedua orangtuanya yang petani miskin itu dengan berat hati mengijinkannya.

Dua tahun di Jakarta cukup memberikannya beberapa perubahan. Penampilan, dandanan, make up an, (bedanya apa), dan lain-lainnya...!!

Dan setelah 2 tahun itu, pulanglah dia ke kampungnya. Membawa uang segudang, segudang, ow ow ow ow Uaaangggg....!

Orangtuanya sudah sangat kangen sekali. Putri satu-satunya fuang...!! Ngobrol sana-sini melepas rindu dan segala macamnya. Seperti biasa datang jugalah para doli-doli (pemuda-pemuda) martandang (nyamperin gtulah) ke rumahnya. Ngobrollah mereka...

Pemuda 1: Bah, songon na tamba mantap do gayam namangarattoi fuang..! (Bah, macam tambah mantab kalilah gayamu habis merantau itu..!)
Rukmini: Aduh bang, sorii, gue gak tau lagi bahasa batak...!!
Pemuda 1: (mengernyitkan keningnya, merasa sombong kalilah itoan ini...)...
Pemuda 2: Bah, yang sombong kalilah perantau itu ternyata... bisa lupa sama bahasa kampungnya sendiri...

Diam..
Diam...
Semua mengalihkan pandangannya masing-masing ke acara tipi yang tak menarik...

Pemuda 2 tiba-tiba dapat ide...

Nttuuuuuuuuuutttttt.....
Dia kentut keras yang dikeras-keraskan...

Rukmini: (menggeram) Ai ise do na muttut i? Bau mai..?! (Siapa yang kentut itu. Bau sekali...!?)
Pemuda 1: Bah... tadi katanya lupa kau bahasa batak...
Pemuda 2: (beradegan berhasil berhasil berhasil ala Dora)..
Rukmini: Lari ke kamarnya...


Dan kembalilah si Rukmini ke Jakarta. Merantau lagi. DAn pulang 2 tahun kemudian. Namun kesombongan itu masih ada.

Sama seperti dulu...

Pemuda 1: Bah, songon na tambah mantab do penappilan na mangaratto i ate ito...!? (Bah tambah hebat gaya setelah merantau ya...!"
Rukmini: Aduh abang, udah 4 tahun merantau, gue udah lupa bang bahasa batak. (PD sekali)
Pemuda 1: Bah, masih sombongnya rupanya.. (Dalam hati)...

Diam..
Diam...
Rukmini merasa tak akan terjebak lagi dengan kejadian yang sama dua tahun sebelumnya...

Pemuda 2: Nttttuuuuuuuuuuuuttttttttt... (Kentut 7 oktaf).. mrgreen
Semua diam...
Pemuda 2 menunggu apakah yang terjadi...
Rukmini sudah antisipasi, dah pernah ngalamin jadi diam saja melihat tipi...

Pemuda 2 tak kehabisan akal...
Pemuda 2: Bah, ai ise do namuttut i.. Ho do i rukmini? (Bah, siapa yang kentut, kaunya itu Rukmini..?)
Rukmini; Merasa terpojok dan malu di tuduh ngentut, spontan dia membentak si Pemuda 2. Ai dang au i...!! (Bukan saya itu...)
Pemuda 1: Nah nah ... masih bisa bahasa batak ternyata ya...!
Rukmini: Lari ke kamar..!!



*Entahlah gambar ini diambil dari mana.. saya cuman dikirimi oleh kawan kantor yang suka ngentut...!
Jadi maah bat yg merasa memilikinya..
Hehehehhe


21 comments:

Linda Belle said...

huahahahahahha.....
lucu banget dirimu dek
kalo aku msh ngertilah dikit2 bhs batak, tp ngomong susah, bukannya sombong, tapi emang bapak mama udh tinggal lama di lampung sebelum mereka menikah, jadi harap maklum ya hehe...

Sang Cerpenis bercerita said...

iiih, baunya ampe kemari nih.lariiii....

Gogo Caroselle said...

hahahaha!
benar tuh benar,
ga bole lupa sama drmn kita berasal....

pacar saya org batak tp ga bisa bahasa batak, ngerti tapi...
kalo karoke nyanyi lagu batak teteupppp hahaha

Riki Pribai said...

Bukan saya yg kentut Bang, sumpah!!
*kabur ke wc*

bergairah said...

mangut mangut tanda setuju klo melupakan bahasa asal usul kelahiran merupakan kesombongan. gw ajah yang lahir dibandung tp ada darah bugis makasar masih acak kadut ngomongnya..
tapi anehnya .. gw ngerti klo sodara2 gw ngomong ..tp gw bales pke bhs indonesia hehehe. belum lagi di bandung yg pke bahasa sunda ada bahasa halus ada bahasa kasar ..deuhh ribet yahh tapi seru...
jadi bang banditt terus lah merantauu yaaah selami kehidupan dengan penuh keseruan hehehe

arifanda™ said...

Rukmininya seksi gak bang? kalo bisa dikasih fotonya Rukmini juga donk...

Iklan Gratis said...

hehehe.... kentut bisa membuat orang terjebak buat ngaku ya?
masak cuma merantau aja lupa dengan bahasa sendiri, kalo terbiasa dengan bahasa lain mungkin iya, tapi kalo lupa aku kira tidak dech ya?
mantap...
Mengembalikan Jati Diri Bangsa

sanur said...

iya nih kadang orang pada fitu yaa....so keren klo dah balin ngerantau,....ngerasa paling kota gitu....

padahal yang namanya akar budaya mah ga akan ilang walo kita dah pergi kemanapun

Bandit Pangaratto said...

Linda Belle: huehehehe... dimaklumkan... (halah) hehehe

Sang Cerpenis bercerita: hhahahah

Gogo Caroselle: titip salam horas buat dia... :D

Riki Pribadi: awkawkak....

bergairah: ehehehehh... thnx kawan... :D

arifanda™: cukup bayangkan wajah dian sosro lah... :D

Iklan Gratis: kita hidup di dunia yg serba mungkin Kawan... :D

sanur: iya kawan.. entahlah kenapa... saya juga bingung...

omiyan said...

hahahahahha patut dicoba juga tuh..masalahnya kalau kentut ga bunyi gimana tuh bos..kan berabe

yoan said...

huahaha... ketauan aslinya ya...
ah... saya sih bangga sama bahasa daerah saya. dan sampai sekarang saya punya obsesi pingin menguasai berbagai macam bahasa daerah, biar tak mati gaya awak di kampung orang... ;)

tikapinkhana said...

ha ha ha ha..ada-ada aja, Kejujuran muncul setelah ada kentut

Rita Susanti said...

Heheheh, manjur juga ternyata ya Bang, kentut sebagai pendeteksi kebohongan...Kalau saya yg juga anak rantau, justru terkadang kangeeeen sekali mendengar logat bahasa kampung saya (Riau). Meski terkadang agak2 sedikit kaku sih ngomongnya, tapi 100% masih bisa lah:)

Neng Rara said...

assalamualaikum,
bahasa ibu, memang bahasa yang membanggakan. sebagai ciri khas suatu suku. sy stuju bang, bahasa ibu memperkaya bahasa nasional kita.
wassalam

lilliperry said...

bah.. na parmuttut maho lae.. :))

*marsijalangan rap halak batak, au di selatan lae..* :D

rani said...

hahaha.. saia engga ngerti bahasaanya.
tapi saia menikmati sekali ceritanya :)

lindaleenk said...

=)) =))
duasar...=))

Bandit Pangaratto said...

omiyan: klo kentutnya gak bunyi biasanya bauknya yg mematikan... jadi tetep si Rukmininya bkal komplen... :D


yoan: saya selama 7 thn di tanah jawa sudah lumayan menguasai bahasa suroboyoan... cuma logatnya batak gtu bro... hahah

tikapinkhana: hehehehe... gratis jeh caranya... :D

Rita Susanti: hehehehhe... iyalah... saya justru aneh klo ngomong bahsa jawa pake logat jawa... malah jadi sumber tertawaan... dan yah.. we like it...

Neng rara: heheh... iya betul itu...

lilliperry: ahahahah... tokka ninna oppung bah..., Oh horas ma boti,... hu jalo jalang-jalang munai... molo boi adong isina dah... heheheh.. langsung nanti blognya saya link.. mauliate...


ani: huheheheheh.... sipp marsipipip...

lindaleenk: :)


SAlam Perantau

felly said...

aduh2 arah ing...

felly said...

eh parah maksudnya!
hahaha...

Bandit Pangaratto said...

felly: hehehhe