Kunjungan Oppung Togap ke Bandung...! -Tragedi bandara-

30 March 2010
Masih mau melanjutkan cerita rekaan, karangan dan ingatan saya terhadap cerita-cerita rekaan yang dulu pernah saya dengar, tentang Oppung Togap. Tetap dengan penekanan bahwa cerita ini hanyalah rekaan belaka. Jika ada kesamaan nama, tokoh, ciri-ciri, suku, agama, ras dan jumlah jerawat, itu pastilah tidak di sengaja... Tidak di sengaja...! Dan tidak dimaksudkan mendiskredit-debet-piutang -utang i siapapun, bagaimanapun, kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun...!
Sahali nai, Dang Sangajo..! -Sekali lagi, tidak sengaja..!




Saat ini Togap sudah beranjak SMA, jakunnya sudah mulai kelihatan, dibarengi dengan suaranya yang membesar. Kalo orang Batak bilang, suaranya jadi Bongor. Wajahnya juga sudah mulai menunjukkan bentuk aslinya, keras, dan dihiasi kumis-kumis tipis.


Kakek dan Nenek si Togap, selanjutnya kita akan sebut Oppung Doli dan Oppung Boru, berencana berkunjung ke Bandung. Dan setelah diatur-atur dan dibekali sedikit tips di bandara bahwa EXIT itu artinya KELUAR, jadilah mereka berangkat naik pesawat (untuk pertama kalinya). Dan berhubung kedua orangtua si Togap akan menghadiri Arisan Keluarga, jadilah si Togap di daulat untuk menjemput kedua Oppungnya ke bandara...


Pesawat pun mendarat dengan mulus. Dan kedua Oppung Togap bingung si Togap yang katanya bakal menjemput mereka itu kok gak nongol-nongol di pinggir pesawat...

Oppung Boru (Nenek): Lha mananya si Togap itu..? Gak bisa dia disuruh menjemput kesini? <---maksudnya kedalam pesawat....
Oppung Doli (Kakek) : Mana bisa sayank... (dan pramugaripun tersenyum-senyum mendengar kata sayank), Khan kasihan kalo dia ketabrak pesawat...! (Dan pramugari pun terkekeh-kekeh tertahan)...
Oppung Boru: Iya juga ya... Kasihan dia nanti ya.. Cuma dia cucu kita...
Oppung Doli: Iya, kek gitulah sayank...! (masih diiringi senyim senyim tipis pramugari)

Mereka berdua keluar dari pesawat, dan mengikuti saran si Rukmini sebelum berangkat, mereka mengikuti kemana orang-orang berjalan. Sembari memperhatikan kemana Tulisan EXIT / KELUAR di dalam pesawat mengarahkan mereka. Namun walaupun sudah dibekali wangsit itu, tetep saja namanya tragedi kadang-kadang tak terelakkan..


Di pintu pesawat, kedua Oppung Togap bingung bagaimana cara menemukan dimana si Togap menunggu...! Merasa tiba-tiba dapat wangsit, Si Oppung Boru langsung memegangi perutnya, merintih dan membuat rintihannya tepat disaat dia bakal berpapasan dengan pramugara tampan. Si Oppung Doli yang paham betul akan sifat si Oppung Boru, bahwa itu akal-akalan saja, kemudian ikut-ikutan merintih dan memegangi kepalanya tepat disaat dia bakal berpapasan dengan pramugari (cantik). Kedua Oppung perang dingin... mrgreen

Pramugara dan Pramugari pun dengan sigap nya membantu kedua Oppung. Mereka menjelaskan bahwa mereka sakit. Pramugari yang lain pun dengan sigapnya menghubungi petugas mereka di bandara untuk menyiapkan kursi roda.

Pramugara: Mohon maaf Ibu, (gak umum kalo bilang Nek..!), Apa keluarga Ibu ada yang menjemput..?
Oppung Boru: Iya, katanya kami bakal di jemput cucu saya, si Togap... (sambil memasang wajah merintih dan tak lupa memegangi perut)
Pramugara: Baik Bu.. nanti kami akan mencoba menghubungi beliau. Ada bagasinya Bu?
Oppung Boru: Ada Amang.. (amang itu salah panggilan kepada lelaki dalam bahasa batak"
Pramugara: Baik.. bisa minta tanda pengenal bagasinya Bu.. Tiketnya...! (menahan geram merasa dipanggil Siamang)
Oppung Boru: Sebentar Amang ya... (sambil mengambilkan tiketnya dan tiket Oppung Doli) --lha Oppung Doli adem ayem ajah dibelakang, di kursi roda yang didorong pramugari (cantik itu)
Pramugara: Baik ibu.. nanti kami urus bagasinya Bu ya..! (tetep menahan geram tentang si Amang ini)
Oppung Boru: Baik.. terimakasih Amang ya...
Pramugara: (menelepon petugas mereka di bagian bagasi) "Disini ada yang memanggil-manggil saya siamang, minta di uruskan bagasinya, penumpangnya sakit..." <--dan ini bohong..!

Bagasipun terurus dengan beres, dan kedua Oppung, beserta barang bawaan mereka di giring menuju pintu keluar kedatangan domestik. terang saja.. si Togap sudah menunggu disana. Dan sesaat setelah melihat cucunya itu, Oppung Boru jadi lupa dengan "sakit bohongannya itu" dan segera berdiri dan menuju si Togap dengan langkah cepat... memeluk cucunya itu. Cucu kebanggaannya... Di belakang si Pramugara bingung. Kok sudah sembuh...? tiba-tiba lagi..?

Dan si Pramugari yang mendorong kursi roda Oppung Doli, memelototi Oppung Doli. Oppung Doli dengan sigap memasang cengar-cengirnya dan memamerkan jari telunjuk dan jari tengahnya.. Pisss...!

Si Pramugari merasa ini kisah lucu malah jadi tertawa saja. tak tahan hanya untuk tersinyim-siyim tipis...

Si Pramugara juga jadi tersinyim-sinyim tipis, tapi tetap menahan geram dan penasaran kenapa di panggil si Amang oleh Oppung Togap...!

Togap yang tidak tahu apa-apa tetep tidak tahu apa-apa..!


Setelah selesai memeluk cucunya itu,
Si Oppung Boru mendadah-dadah pramugara dan pramugarinya...
Seolah-olah mengibaratkan
Senang bertemu denganmu...
Sampai jumpa kembali di lain penerbangan...!



*masih berlanjut...!

13 comments:

-'moRis- said...

'wah.....siopung banyak akal...
bener" org Batak ntuh siOpung..:D

Alrezamittariq said...

hahahaha...opung opung yang gaul...

BENY KADIR said...

Wah,cerita yg benar2 bikin saya ketawa.
Bahasa Batak ada yg sama dgn bahasa Manggarai,ya?
Org Manggarai memanggil om dan tantenya dgn sebuatan amang dan inang.

Pitshu said...

waakakaakaka... kocak bener LOL

Quinie said...

huahahaah.. si amangnya gantang gag? *ganteng ga? itu maksudnya :D*

anyin said...

wkakkaka lanjuuutttt!!

Gogo Caroselle said...

ahahhaha lucuuu!!1 lanjuut bandiiit lanjuuuttt

senny said...

hahaha.... lucu... kocak banget

Seiri Hanako said...

hidup opung!!
hehehehe

shelate said...

ane mesti berguru ke blogger senior ini..

http://shelatemelenthink.blogspot.com/

linknya dimasukin, entah ke kamar mandi, tempat sampah atau lubang hidung juga nggak apa2

mila said...

ngakak abis ngebayangin si opung ngomong sayank dengan logat batak huahahaa....

faza said...

nice

hasian_cinduth said...

hahaha...
oppung2 keren!!!