bandit™perantau dan tukang ojek

11 March 2010
Saya pengguna jasa layanan tukang ojek ke kantor, ke gereja, dan kemana-mana yang cukup jauh untuk ditempuh berjalan kaki apalagi tidak ada motor pinjaman dan atau motor pinjamannya dipake semua.

Sekian posting hari ini...!

Dua detik kemudian berhamburanlah sandal-sandal bekas mengarah ke wajah tak tampan saya (kapok dibilang narsis, hahaha). plak.. pluk, plek., plak (lagi), pluk (lagi), plek (lagi) --panen sendal..! mrgreen :senangdapatbanyaksandalbuatdijualdemisesuapmakananternak:

Ada kisah-kisah nyata dan lucu (nyata-nyata lucu dan lucunya nyata-nyata atau gak sama sekali) bagi saya tentang tukang ojek selama merantau.

Parjolo sahali (pertama kali), waktu di Surabaya, saya gak pernah nemuin tukang ojek. yang banyak itu becak. Nah, kebetulan kalo saya lagi jalan kaki dari sekolah ke rumah atau dari rumah ke sekolah dan berpapasan dengan teman yang naik sepeda motor, biasanya kawan-kawan saya melambaikan tangan tanda menyapa... Include meneriakkan nama panggilan saya waktu itu.. "Hottt.. nang di hottt...?" <---- nama saya Aronhot bla bla bla...!. Entah kenapa panggilan itu dulu terasa mengejek aneh. Tapi sekarang dah biasa. Heheheh. Dan saya akan nyahut "Oh iyo Jon... "<---namanya Jono "Oh iya Jin...!" <--kalo namanya Jini.

Nah, panasnya Surabaya dan asap kendaraan yang mengepul dijalanan membuat temen-temen saya memakai "topeng" dan sejenisnya kalo sedang berkendaraan. Tatkala mereka berpapasan dengan saya dan meneriakkan "Hottt... nang endi Hott...?" dan sejenisnya, maka saya pun akan membalas melambaikan tangan dan atau menyahut, "Oh iyo bro...!" <--masalahnya awakku mboten ngertos niku sinten...! <---bener gak yo? twisted. Kadang ya temen saya cuman bunyikan klakson, tapi tetep saya balas dengan sekedar melambai...! <---tak enak kalo di cap sombong jeh...!

Kebiasaan itu berlanjut (hampir) sampe sekarang,...

Saat di Sumbawa, saya sering memakai jasa tukang ojek kalo ke Gereja. Kalo ke kantor jalan kaki saja, soalnya kantor dekat sama kosan. Tukang ojek di Sumbawa itu bawa motornya kenceng-kenceng sodara-sodara... Nah yang lucu adalah tatkala berjalan kaki dari dan ke kantor ini. Pernah suatu kali saya jalan sendirian pulang kantor menuju kosan... Tiiinnnn tiinnnnn (kurang afdol kalo bunyinya Tiiittt tiiiitttt...!). Begitulah bunyi klakson tukang ojek waktu itu, sambil mengacungkan telunjuk entah menunjuk kemana dengan maksud menawarkan jasa ojeknya. Saya yang kebawa kebiasaan mlambai buat teman yang membunyikan klakson tatkala berpapasan itu kemudian akan menyahut sambil melambaikan tangan. Artinya bagi saya adalah, "Oh iya hati-hati bro...!" <---karena saya menganggap itu teman kantor...!. Artinya bagi tukang ojek adalah, "Cihuyyy, dapat penumpang lagi...!".

Tukang ojek pun mutar balik ,menuju saya yang tetep berjalan. Mungkin tukang ojeknya mikir, "nih orang mau ngojek kok masih jalan mulu sih...?"... "Ojek Mas...?" tanya si tukang ojek. Sayapun kalang kabut karena saya sadar itu salah saya yang mengira itu temen saya. temen dalam artian saling kenal. "Lho bukan Mas.. gak mau ngojek kok...?" saya ngeles... "LHa tadi kok melambai...?".... dan sayapun memasang wajah culun dan bilang.. "Saya kra tadi temen saya Mas, nge-klakson...!" lol Garing.... Dan bunyi deru motor tukang ojek berikutnya itu seolah-olah menandakan beliau kecewa... Maafkan saya Pak...!. Maafkan juga kalo hal ini gak cuman terjadi sekali.. tapi banyak kali... Saya kan ramah dan tidak sombong Pak...! confused


Di Maumere, kalo berangkat kantor saya tidak ada barengannya dan atau barengannya masih lama bakal berangkat, dan berhubung saya suka tiba dikantor pagi-pagi, setidaknya 20 menitlah sebelum jam kantor mulai, maka jasa tukang ojek akan menjadi pilihan saya...!

Tiga puluh detik berdiri di depan kos dipinggir jalan pasti sudah ada tukang ojek yang menawarkan jasanya dengan mengarahkan telunjuknya ke langit...! Mungkin artinya, "Mau ke langit Pak..?" razz

Nah, ada beberapa hal lucu bagi saya saat menggunakan jasa tukang ojek di Maumere...
  • Kalo pas ketemu tukang ojek yang doyan ngomong. Ini pernah terjadi... Setelah menanyakan tujuan saya dan dia memahaminya (setidaknya begitulah anggapan saya) diapun ngajak ngobrol. Dengan logat maumere yang khas itu, saya suka, tapi jangan pake bahasa maumere Pak... Saya dah beberapa kali bilang tidak tahu bahasa Maumere, tetep saja beliau ngomong (dalam bahasa Maumere). Dan ujung-ujungnya... "Lho lho lho ini mau kemana Pak..?" "Kan kantor B kan arah sini...!" "Bukan Pak, tadi kans aya bilang mau ke kantor A..!" "Ohhh, kantor Aaaaa...!" Bremmm bremmmm, dan memutar balik arah laju motor.
  • Pernah juga ketemu orang yang setelah melaju malah bilang sama saya begini, "Mas asli Maumere sini apa Ende Mas...?" <-- Ende itu daerah Flores juga. Sekitar 4 jam dari Maumere. Ini pertama kali saya di kira orang asli Flores... yah, tak mengapa sebenarnya... hanya saja saya khan orang batak Pak..! Heheheh... Sehabis kejadian ini, malamnya saya langsung menuju Roxy Swalayan (pernah saya posting terkait keberadaan swalayan di Maumere di cerita Tragedi Kolor Gratis), dan beli cermin. Awalnya di kamar saya tidak ada cermin karena saya tak suka berdandan necis. Dan ketika saya berkaca, saya tak menemukan kemiripan saya dengan orang Maumere. Hanya saja, entah kenapa ketika saya pulang ke Surabaya ada keluarga yang bilang begini, "Bah bah bah.. kelihatan sekali kau betah di Maumere ya...!" saya pikir beliau beling begitu karena kelihatannya saya tambah gendut. Sayapun mebalasnya dengan senyum. Tapi kemudian beliau menambahkan, "Sudah makin mirip dengan orang sana...! Tambah kribo...!"


Mwahahaha...!
Harusnya ada foto tukang ojeknya sebagai bahan perbandingan...
  • Kalo ketemu tukang ojek yang pendiam.... "Mau kemana..?" "Kantor A..!" "Ayo sudah...!" Dan sayapun naik... Dan 3 menit kemudian... "Lho lho Pak, Pak... ini mau kemana, kok belok kesini...?" "Lho kan mau ke kantor A..!" "Lha iya, kantor A kan kearah sana... bukan kesini...!" "Oh....... ... .... kirain ke arah sini tadi...!" dan memutar balik lagi.... *(%&^%$%$%$... Alhasil, pagi saya yang ceria itu makin ceria karena ada bahan untuk tertawa...
  • Pengalaman satu atau dua membuat saya jadi berhati-hati kalo mau naik ojek. "Kemana mas..?" "Ke kantor A, Pak..!" "Naik suda..!" "Tahu kantor A khan Pak..?" "Iya.. ke atas tho..?" Dalam hati saya menganggap benar, karena memang arahnya ke atas... NB: Di Maumere hanya ada dua daerah, daerah atas dan daerah bawah.. Sampai sekarang saya masih bingung yang mana atas dan mana bawah... Soalnya kadang-kadang sudah diatas masih ada yang lebih atas lagi, kalo sampe yang lebih atas, yang atas tadi jadi yang bawah... Saya kalo bikin telor mata sapi seringkali yang bawah lebih matangd ari yang bawah <---- inilah pemahaman saya tentang atas-bawah....
  • Kalau ketemu tukang ojek musiman. Biasanya di motornya ada barang lain yang tidak ada hubungannya sama profesi per-Ojekan. (saya tidak mau berdebat tentang apakah ojek itu profesi atau tidak). Ini yang lebih lucu. "Ojek mas...?" "Iya Pak...!" "Kemana..?" "Kantor A Pak...!" "Mari sudah...!" "Tahu kantornya khan pak..?" selidik saya. "Tahu.. atas tho..?" "Iya Pak..!" Dan kami melaju... Beberapa menit kemudian perasaan saya gak enak... "Lho.. ho lho, ini mau ke mana Pak..? Ke kantor A khan arah sana..?" Dan dengan enteng dan berkharismanya si bapak bilang gini, "Iya Mas tahu kok, tapi sebentar dulu ya, saya antar dulu sayuran ini ke rumah saya, biar istri saya bisa memasak...!" "Oh mai gat...!" :tepokjidatpelan-pelan:
Senang nian ada tukang ojek di Maumere. Terlebih dengan kisah lucu-lucu itu yang menjadi warna perantauan saya di Maumere ini. I'm totally happy...!



25 comments:

Seiri Hanako said...

foto kribonya cakep
hehehehehe

Quinie said...

ganti template lagi ya ron? simple banget euyy :)

Quinie said...

sayah kalo balik ke rumah, abis turun dari angkot pasti naik ojek, nah... si ojek udah apal ama rumah sayah, jadi sayah ga perlu ngomong apa2. kadang dapet tukang ojek yang curhaaaaatt ajah selama perjalanan. tewewew... padahal sayah kalo udah pulang ke rumah udah ngantuk berat :((

minomino said...

ahahahah...ada2 aja tu tukang ojek...terutama yg nganter sayur :D

merry go round said...

Waduhh...tukang ojeknya kok sesat gitu sih, gimana kalau penumpang sama tukang ojek sama2 nga ngerti jalan ya :p

ichaelmago said...

aku juga suka naek ojek. lebih cepet sih :p
pernah juga sih ngalamin duka naek ojek. kadang tukang ojeknya nyelonong aja, sok tau jalan. jadinya malah nyasar -_-
pernah juga sekali..dapet tukang ojek yang (maaf) tunarungu. akhirnya aku pake isyarat deh -_-

SeNjA said...

hehehe,...kalo aku kenapa ya suka takut naik ojeg ??

aku lebih suka naik becak... ^_^

zee said...

Saya belum pernah kayaknya naik Ojek. Serem aja di Jakarta ini klo naik Ojek.
But kribonya ga ada miripnya ah sama orang maumere. Mirip orang batak iya...

Alrezamittariq said...

ojeg oh ojeg...angkutan asli Indonesia juga nih...

di Maumere dimananya bro?....ada juga temenku disana...

lilliperry said...

bah, itu foto kau lae.. huehehehe

memang dah mirip kali..

nyambi jadi tukang ojek aja lae.. *ditendang lae bandit* :))

ninneta said...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

-'moRis- said...

hauhahaa....
asli ngakak abies 'cle..
Kribo == Maumere
Brarti klo org batak kribo yg dtg ke maumere sulit dbedain donk mana asli mana palsu, wkwkwkw...

Anw, aQ juga suka nae ojek, mknya dipanggil dgn sebutan, OJEKERS..
But I'm happy :)

pandaya said...

busyetttt deh, tukang ojek bisa jd awal memulai hari dgn senyum ya :D

anyin said...

alamaaak potonyaaa.. eh bang jadi mirip wordpress sekarang yee blognya

bandit™perantau said...

Seiri hanako: makasih makasih.... hahaha


Quinie: saya tak menduga saya bakal pake templet simple... hahaha.. hahaha, asyik juga tuh.. jadi banyak sudut pandang tentang kehidupan... :D

minomino: yepp... sometimes they made my day bright...

merry: jadinya jalan-jalan Mabk... :D

ichaelmago: another very funny... hihihihi

Senja: heheheh, klo naik becak berdua jadi romantis lho... :D


zee: hehehehe... makasih makasih... :D


Alrez: Sikka .. :D

Lae Lilliperry: hahahaha, tawaran yg menarik.... :D


Ninne: makasih lho Nin... makasih banyak... :D

Moris: tukang ojekmu pasti kekasihmu... :p... hihihih... iya tapi jadi seneng juga dimirip-miripin ma orang sini... beberapa waktu memberi keuntungan... :D


pandaya: hahaha... sure...

anyin: hahahah... iya lebih simple... meski banyak yg harus diedit lagi... :D

maiank said...

hahahahaa...

hahahahaha...

*eh Hot bisa juga kau bahasa jawa...

wkwkwkw
hebaat...

Violet said...

kamu udah mirip orang sana, dari pada orang batak? hihihi....
lain kali, dari pada suka nyasar ke mana dulu, mendingan buat peta. trus dikasih deh ke tukang ojeknya.
Klo ga, kamu aja yang bawa motorny, tukang ojeknya dibonceng. hahaha

Lisha Boneth said...

ada2 ajahhhh tingkah kang ojek deket2 loe yahhh??:)) :))

klo saya waktu di Jkt justru dikira orang sunda.. hehehe
ktnya cantiknya kyk orang sunda...*narsis* wakakakakaka

Daysee said...

Jadi ingat ma teman2 nih..
Orang Maumere yang di Malang pun juga tetap bilang atas n bawah untuk arah jalan..

Pemahamanku sih, klo atas itu untuk jalan menaik n sebaliknya..

tp sampe sekarang belum pernah memakai bahasa itu untuk berckap2 dgn tmn2 Maumere, takut kecilik..

bluethunderheart said...

malam bang
senantiasa blue berharap kita semua akan sellau merasa senang mendapat post yg ringan namun bekesan
salam hangat dari blue

Riki Pribadi said...

hmmmmm....hmmmm....
wajahnya makin mirip bandit beneran...
*kabooorrrr*

Isti said...

fotonya keren juga tuh hehe,,,

bluethunderheart said...

bang
kalau blue minta abang pada stum blog yg dulu gimana?
salam hangat dari blue

saia anak hiLang said...

lagi ngerjain tugas nih,
saia baca lain kali kalo senggang :D

huahaha..

bandit™perantau said...

maiank: lha piye, wong nang suroboyo pitung taunan jeh... heheheh


ito Violet: hahahaha... ide bagus, jadi saya beralih profesi jd tukang ojek, pastinya saya donk yang di bayari kan? iya gak iya gak iya donk? hehehehe


ito Lisha: mwahahahahah... eh neng geulis.. hahaha



Daysee: hahaha,... klo habis jalan naik trus turun gimana? hehehehe ya coba ajah... :D


Blue: hehehe... nice Blue... stum itu apa Blue?

Riki: makasih makasih... :ngejarorangkaborbawapiring:


Isti: makasih makasih.... :mewekterharu: wakkwakwkawka

saia: ya ya ya... utamakan belajar...! :D