Oppung Togap dan Tusuk Gigi

01 November 2010
Masih sekitar sebulan lebih sedikit lagi hingga saya ngekos di Jakarta.

Saya sedang ingat sebuah cerita humor yang diceritakan salah satu atasan saya di kantor. Ini cerita tentang orang kampung masuk desa. Biar sesuai dengan beberapa postingan di blog saya, ceritanya saya adaptasi dengan pelaku: Oppung Togap.


Jadi begini ceritanya...
Ketika Oppung Togap masih di Bandung, di rumah puterinya si Rukmini, datanglah salah satu family dekat mereka mengundang Oppung Togap ini makan malam. Berhubung ada kesibukan lain, Rukmini, suaminya dan si Togap tidak bisa menemani si Oppung. Ada acaranya retreat gereja selama empat hari ke depannya. Jadilah Oppung Togap ke acara makan malam itu sendirian. Sebelum berangkat si Oppung bingung nanti model acaranya bagaimana.

"Sudahlah Mak, nanti paling makan malam di restoran itu. Di meja makan. Makannya pake seondok, kek mana nanti dibuat orang itu makan kek gitu Mak bikin. Yang orang itu makan, itu jugalah Mak makan...!" begitu pesan si Rukmini supaya si Oppung ini tidak khawatir.

Okelah, tiba hari-h nya, keluarga yang mengundang inipun menjemput Oppung Togap. Makan malam di salah satu restoran terkemuka di kalangan orang Batak itu. Makan malam, kemudian ngobrol ngalor ngidul kesana kemiri eh kemari. Dan acarapun selesai...


Nah, beberapa hari kemudian, acara retreat gereja pun selesai. Rukmini sekeluarga sudah pulang. Pas lagi santai-santai di teras rumah mereka. Ngobrol-ngobrol si Oppung dengan puterinya si Rukmini itu.

Rukmini : Jadi gimana, Mak? Acara makan malam kemaren itu..?
Oppung : Baik-baik saja Inang,.. puas kami ngobrol-ngobrol... melepas rindu...!
Rukmini : Ohh... Nah khan gak ada masalah... Mamak saja yang terlalu khawatir kemaren..
Oppung : Iyalah Inang... Namanya juga belum pernah ke acara makan malam. Biasanya makan ya makanlah.. Gak perlu dibuat-buat namanya makan malam, makan pagi, makan siang... Makan ya makanlah...
Rukmini : Ealah Mak... Mak...! Lha trus siapa saja yang datang, Mak..?
Oppung : Banyak yang datang... Keluarga Situmorang, Amang Situmeang.. Trus Inang Pakpahan juga hadirnya...
Rukmini : oohh... Enak-enak gak Mak makanannya?
Oppung ; Enak-enak sih... Cuma yang terakhir itu yang ga enak...
Rukmini : Ha? Apa rupanya yang terakhir itu?
Oppung : Gak tahu saya apa namanya itu... Kecl, pendek, kayak korek api...
Rukmini : (mikir sambil mengerutkan kening), apa itu ya...?!


* selidik punya selidik ternyata yang di maksud Oppung menu terakhir itu adalah tusuk gigi.
* Dilihat Oppung itu mereka-mereka itu habis makan ngambil tusuk gigi itu, dimasukkan kemulutny sambil menutupi mulutnya.
* Berhubung sebelumnya dipesankan si Rukmini "Kek mana dibikin orang itu kek gitu emak bikin, apa di makan oprang itu itu Emak makan...!" si Oppung pun meniru...
* Sayangnya si Oppung salah menduga kegunaan tusuk gigi itu.



6 comments:

Pitshu said...

huahhh kapan ke Jakarta ? welcome to macet dan banjir city hahaha ^^

Vicky Laurentina said...

Bwahahaha! Oppung sakit perut nggak jadinya ma'em tusuk gigi??

bandit™perantau said...

Pitshu: Desember ini Pit... Yeah, semoga saya menikmatinya...! :)


Vicky: Gak... tusuk gigi saja ko, mana mempan sama perut Oppung..1 Iya khan Pung ya? *lirik Oppung Togap

once_alifetime said...

Ha..ha.. harus operasi dong perutnya Oppung!

bandit™perantau said...

Once: hahaha... gak kok... gak jadi dimaknnya, digigitinya saja, dikunyah, pas mau ditelan gak bisa, ya dibuangnya... :D

Template Booklet Company Profile said...

Bwahahaha! Oppung sakit perut nggak jadinya ma'em tusuk gigi??