Next: Jakarta...!

21 October 2010
Holaaa kawan-kawan.....! :)

Setelah melewati dua tahapan ujian terkait dengan postingan ini, kemarin tanggal 20.10.2010 saya dan teman-teman saya dinyatakan lulus. Berarti mulai tahun depan saya akan menjadi mahasiswa (lagi). Di Jakarta. twisted

Tunda dulu tentang detailnya. Saya mau membahas perjuangannya.

Kedua tahap ujian yang saya ikuti berlokasi di Malang. Lama sebelum ujian tahap pertama, Tes Potensi Akademik, dilaksanakan saya belajar sekeras mungkin. Mulai dari latihan soal-soal, googling beberapa referensi, tanya-tanya tips dan trik ujian tersebut dan lain-lain. Rasanya gak nyaman mau jalan-jalan atau senang-senang sebelum ujiannya selesai. Sampai-sampai teman saya bilang... " Iya ihhh, sama sekali gak keluar dari kamar...!" :D (terlepas dari tipe belajar setiap orang tidaklah sama).

Buat apa kamu belajar sekeras itu?

Beberapa waktu sebelum ujian dilangsungkan, saya minta doa dan restu dari orang tua, Inangtua, Amangtua, Tulang, Namboru, Inanguda, Amanguda, Oppung, atasan, pendeta-pendeta dan kekasih (ehm). Selain itu saya juga berdoa buat diri saya dan kawan-kawan saya. Iya, satu persatu nama mereka saya sebutkan didoa saya untuk mendapatkan yang terbaik. Terus terang saya bukan orang yang berdoa untuk mendapatkan apa yang saya inginkan, saya lebih suka berdoa untuk mendapatkan yang terbaik bagi saya. Saya tahu, DIA lebih paham apa yang terbaik bagi saya.

Banyaknya kerabat yang mendoakan dan merestui saya mengikuti ujian itu merupakan sebuah hal yang dapat menambah rasa percaya diri. Tentu. Tapi sekaligus, itu juga merupakan sebuah tanggung jawab bagi saya. Dan karena saya menganggap itu tanggung jawab, kemudian saya mengemban tanggung jawab itu dengan belajar keras. Iya, belajar itu adalah salah satu jawaban saya untuk tidak menyia-nyiakan doa dan restu dari mereka.

Sukses? Puji Tuhan...! Tahap pertama saya lulus.

Kemudian lanjut ke tahap kedua. Ujian Psikotes (atau Psikotes aja ya?). Saya juga nyari buku-buku referensi. Tes analogi, gambar, aritmatika, dan lain sebagainya. Buku referensinya dari mana? Sebagian bekas peninggalan senior saya di Maumere, sebagian hasil "nongkrong" di Gramedia. Nongkrong baca tanpa beli... (Tolong informasinya, yang kayak begitu bukan kriminalitas khan ya?) twisted Dan bahkan saya latihan menggambar, dan ngetawain gambar saya sendiri. twisted

Tentu sebelum menghadapi psikotes itu saya juga minta doa restu dari orang-orang tadi. Bahkan saya secara khusus didoakan oleh Inangtua, Namboru dan Oppung saya di Surabaya, di kampung saya juga oleh Pendeta dan jemaat disana. smile

Dan sukses? yes, Haleluya...! Saya juga lulus tahap kedua. Dan ini artinya saya berhak untuk melanjutkan kuliah lagi ke D III di Jakarta. Desember ini bakal ngekos di Jakarta, atau ngontrak atau tinggal di rumah kerabat atau gimanalah... <----- asal kiamat belum tiba, dan semua saya di sertai leh BELIAU hingga ke Jakarta. :)

Yah, and this is it...
Saya ini bukan manusia cerdas, bukan juga manusia pintar, apalagi manusia hebat atau genius. Tidak sama sekali. Walaupun mungkin kalau iseng-iseng ikut tes IQ online di intelligentelite.com atau situs lainnya hasilnya lumayan, tapi saya tetap bukan orang cerdas. Tapi saya pelajar keras... Hahahahahah

Dan kau pikir kau lulus karena belajar keras? Tentu tidak...
Untuk segala hal yang saya capai di hidup saya itu semua anugerah dari BELIAU, KOMA, ditambah kemauan saya untuk meraih anugerah itu.

Dan sedikit tambahan untuk diri saya sendiri, untuk selalu saya ingat...
Saya ini anak seorang petani miskin, yes i do. Dan itulah yang saya gunakan sebagai "cambuk" untuk memotivasi diri saya untuk selalu berusaha keras untuk mencapai cita-cita saya, dan tetap merendahkan hati saya, seperti apapun pencapaian saya dalam hidup. Dan tolong kawan, jika suatu saat "cambuk" itu tak cukup kuat lagi membuat saya tetap rendah hati, ingatkan saya... :)

14 comments:

Call me Batz said...

wah..selamat ya... untuk segala sesuatu memang diperlukan motivasi yang kuat dan tentunya dukungan dari orang sekitar dan juga doa kepada Tuhan yang bisa membuat kita berhasil..yang penting tetap rendah hati.. GBU

merry go round said...

Whoaaa Bandiitt...
congratz yaaaaa....

Jadi pindah ke Jakarta nih? Waaa..tambah satu lagi deh temen blogger dari Jakarta.

Kabar-kabarin terus yaaaa....Semangat terus Bandit :D

Senja said...

wahhh,selamat ya bandit :)

dan selamat menjalani hidup baru dijakarta nanti :)

Pitshu said...

huahhh ke jakarta, klo gitu nanti ketemuan yah ^^ hahahaha...

bandit™perantau said...

Batz: :D.. Thanx broo...


Merry: Iya, desember ini.. Doakan sajalancar... :D

Senjea; Heheheh, thnx Mbak... :D


Pitshu: Asyikk.... situ punya banyak koleksi DVD khan? Saya bisa pinjem khan? hahahahah

-Gek- said...

kenapa musti ke JKT yak?
Nikmati sesaknya JKT deh Bandit...

* sambil bawain cambuk.. :p

NDA said...

banggg mau D4 taaahhh???

ninneta said...

Hai,

Sudah lama aku nggak blogwalking. Karena memang dah lama juga nggak blogging. Hehehehehe.... Datang sekedar menyapa. Semoga dirimu sehat dan selalu bahagia.... dan semoga belum lupa dengan persahabatan kita.

:)

Salam,

Ninneta

bandit™perantau said...

Gek: Iyo, kampusnya cuma ada disono... heheheh Iya, saya akan menikmati Jakarta... :)

Ninda: Ke D3.. lha dulu khan dari D 1... :D

Ninneta: ok...

Debby said...

sukses buat kuliahnya Bang...
saya juga berjuang dan berusaha hanya karena ANUGERAHNYA bisa tetep semangat kuliah sendiri :D

jizu said...

Welcome to the Jungle dude.... ^____^

bandit™perantau said...

Debby: heheheh.. Mauliate..! :)

Jizu: Thanx... i'm the beast... hahahaha

Novavin simbolon said...

selamat yaaa,
dunia ini mmg ga butuh orang pintar,tapi butuh orang yang tahu,kalo untuk jadi pintar itu harus ada usaha,kerja keras...
Gud luck dek

bandit™perantau said...

Novavin: Mauliate kakak... :)