Proses: Semacam renungan sebelum menghadapi UTS

14 August 2011

Tolong doakan orang ganteng ini ya teman2..
(Iya iya,, gak ganteng kok).. Doakan buat UTSnya ya temans..! :D


Beberapa hari lalu saya membaca sebuah cerita dari buku renungan harian saya. Dalam cerita itu ada seorang dosen yang akan menguji sekelas mahasiswanya. Ujian ini terkenal sangat susah bahkan untuk mendapat nilai C sekalipun. Sebelum dia membagikan kertas ujiannya, sang Dosen berkata: "Siapa yang mau dapat nilai C untuk ujian mata kuliah ini, Anda boleh tidak mengikuti ujian ini...!" Beberapa tampak ragu-ragu untuk keluar, namun setelah si Dosen meyakinkan mereka pasti dapat nilai C jika keluar dan tidak mengikuti ujian, beberapa mahasiswa mulai keluar karena yakin dapat nilai D pun dia tidak akan sanggup untuk mata kuliah tersebut.

Singkat cerita hanya beberapa mahasiswa yang tinggal dalam kelas ujian tersebut. Sang Dosen kemudian membagikan secarik kertas, dan mahasiswa tidak boleh membukanya sebelum diperintah oleh dosen. Setelah selesai membagi kertas tersebut sang Dosen mempersilahkan mereka membuka kertas tersebut. Dan hanya ada satu kalimat yang ada di kertas tersebut: "Selamat Anda baru saja mendapat nilai A untuk mata ujian ini...!"

Nilai yang ingin ditekankan jika saya lanjut membaca renungan itu adalah betapa manusia itu seharusnya tak boleh hanya puas dengan sesuatu yang instan (dapat nilai tanpa ujian), hasil yang pas-pasan (nilai C), dan mestinya memiliki mental positif dalam menghadapi masalah hidupnya...!

Sedikit banyak saya tarik ke kehidupan pribadi saya, yang notabene sebentar lagi (15 - 24 Agustus 2011 ini) bakal berkutat menghadapi UTS...

Ada nilai yang lebih menarik perhatian saya, yaitu proses. Seringkali manusia mengharapkan mendapatkan sesuatu tanpa melewati prosesnya...

Besok, ujian Akuntansi Keuangan Menengah, yang sampai saat ini bagi saya statusnya masih agak-agak kurang menguasai dengan baiklah... Seandainya teman-teman ditawari dosen, "Yang mau dapat nilai B dalam ujian AKM ini, anda boleh tidak mengikuti ujian ini...!" Beberapa mungkin akan keluar karena merasa untuk dapat nilai C pun akan sangat susah. Setelah tinggal entah berapa mahasiswa lagi, (jika) kemudian sang Dosen mengatakan: "Okelah, Anda lebih bertahan dari teman-teman Anda yang lebih dulu menyerah. Yang mau keluar sekarang dan tidak mengikuti ujian ini akan saya beri nilai A..!" Bagaiamana? Apakah Anda akan dengan senang hati dan bangga keluar ruangan ujian?

Untuk saya, hell no...!
Percuma juga dapat nilai bagus tanpa melewati proses yang semestinya. Mending saya belajar menghadapi ujian apa adanya dengan kegiatan belajar yang sudah saya lewati sebelumnya. Urusan nilai itu belakangan. Yang penting saya melewati prosesnya dulu. Terus kalau dapat D gimana? Nilai D untuk mata kuliah ini khan berhadiah Drop Out tanpa kesempatan mengulang? Atau kalau ada kesempatan mengulang pun akan sangat tipis? Ya sudah... Kalau dengan usaha yang sudah saya lakukan lewat mengikuti perkuliahan tanpa absen, ditambah lagi belajar mandiri dikosan yang memang tidak seberapa giat, ternyata saya layaknya dapat nilai D, ya sudah. Itu bukan salah siapa-siapa... Salahnya di saya. Sudah dapat dosen yang menjelaskan dengan baik dan jelas, sudah punya waktu belajar yang cukup banyak, namun kalau hasilnya seperti itu ya life goes on...! <---- tentu ini cuma pendapat pribadi, BANDITIAH..!

Kayu bakar, yang melewati proses pembakaran menuju arang atau abu dengan bangga...

Mutiara, yang melewati proses yang sangat lama di dalam kerang mutiara, muncul kepermukaan dan menjadi sangat berharga...

Ikan laut, melalui proses penangkapan, pembersihan, pemasakan hingga muncul ke meja makan jadi menu yang membuat manusia yang menikmatinya bersyukur. Saat anda menysukurinya, saya yakin ikannya senang. Buktinya anda tidak sakit perut memakannya...! :D

Berlian, yang melewati tekanan yang luar biasa di perut bumi, mencul kepermukaan dengan indah...

Sel sperma dan sel telur, yang melewati proses pembuahan di rahim seorang ibu, berbulan-bulan, hingga muncul kedunia ini dan menjadi MANUSIA...! Dahsyat khan..?!


Saya, yang sementara ini masih dalam proses perkuliahan, entahlah suatu saat muncul jadi seperti apa... Yang jelas, saya akan menjalani semua proses perkuliahan saya semampu saya..! Selamat menghadapi UTS teman-teman...! Doakan saya, doakan kami ya teman-teman semua..! :)

*balik lagi ke Modul, wahh.. ternyata masih banyak...! *tepok jidat..!


7 comments:

Pitshu said...

pitshu do'a kan agar orang di photo semakin ganteng, bukan krn sekarang ga ganteng ^^
dan UTS na mulus, lancar, lulus deh :) Amin ^^

Business Insurance Services said...

semoga semua lancar

Fiscus Wannabe said...

inti dari cerita dosen itu jangan menyerah sebelum bertanding, doakan UKS saya juga bang biasr lulus. :D

abeng beng /arjopedal said...

he he berkunjug lagi
apa kabar mas ???

Curly_t@uRus said...

puji Tuhan,,,dapet A kan?

bandit™perantau said...

Pitshu: hehehe, makasih kakak... :) Gbu ya..

BIS: makasih gan...


Fisc: Hehehe, iyo gan... Semangat yo... :D


Abeng: Kabar baik beng... gimana pertaniannya? :D


Curly: Heheheh... Haleluyalah... :D

Asop said...

Ada yang bilang bahwa kuliah itu hanya nyari nilai, bukan nyari ilmu. Hahaha... :D


Saya ikut mendoakan, semoga sukses! :)